Anda Mau Sehat? Ikuti Tujuh Pesan Gerakan Masyarakat Sehat

Germas sendiri merupakan program yang dicanangkan Kementrian Kesehatan berdasarkan Instruksi Presiden No.1 tahun 2017.

Anda Mau Sehat? Ikuti Tujuh Pesan Gerakan Masyarakat Sehat
SERAMBINEWS.COM/Miqdad Shiddiq

Laporan Miqdad Shiddiq | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diprakarsai Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan bekeja sama dengan Anggota DPR RI mengadakan sosialisasi cara hidup sehat dengan pendekatan keluarga di Banda Aceh, Jumat (8/11/2017).

Germas sendiri merupakan program yang dicanangkan Kementrian Kesehatan berdasarkan Instruksi Presiden No.1 tahun 2017. Lalu apa saja isi himbauan tersebut?

Isnaini Putri SSit MKes yang menjadi pembicara mewakili Dinas Kesehatan Aceh Besar mengungkapkan, terdapat tujuh poin utama dalam Inpres Germas tersebut.

Hal pertama yang harus dilakukan, ujar Isnaini, adalah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas yang dimaksud tidak selalu tentang olahraga berat. Kegiatan seperti naik tangga atau menyapu halaman rumah juga sudah cukup, asal rutin dilakukan minimal 30 menit sehari.

Selanjutnya adalah mengonsumsi sayur dan buah. Isnaini mengatakan masyarakat Aceh khususnya Aceh Besar sangat susah untuk melakukan hal ini.

"Orang Aceh sangat suka menghindar kalau ditanya masalah makan sayur. Biasanya mereka berdalih sudah makan sayur dari kuah belangong, kan nangka juga termasuk sayuran kata mereka," ujar Isnani sembari tertawa.

Padahal menurutnya, sayuran yang wajib rutin dikonsumsi adalah sayuran hijau. Selain itu masyarakat juga harus pintar memilih sayuran yang tanpa menggunakan peptisida.

Poin ketiga adalah tidak merokok. Kalau pun merokok, jelas Isnaini, seharusnya dilakukan di luar rumah. Hal ini yang masih menjadi permasalahan di Aceh.

"Yang menjadi masalah sampai sekarang masih banyak orang merokok sambil menggendong anak, atau bahkan di dekat lansia dan wanita hamil," terangnya.

Halaman
123
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved