SerambiIndonesia/

WHO: Di China 200 Juta Orang Mati dan Miskin Akibat Merokok

Konsekuensinya dapat menghancurkan tidak hanya untuk kesehatan orang-orang di seluruh negeri, tetapi juga untuk ekonomi China secara keseluruhan

WHO: Di China 200 Juta Orang Mati dan Miskin Akibat Merokok
Shutterstock
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM, BEIJING - Penyakit yang berhubungan dengan rokok dinilai telah berdampak bagi kematian 200 juta orang di China abad ini.

Kebiasan merokok juga menjerumuskan puluhan juta orang di negara itu ke dalam kemiskinan.

China adalah penghasil tembakau dan konsumen tembakau terbesar di dunia.

Dilansir arabnews.com dari AFP,  pada tahun 2015, perusahaan rokok di Cina membukukan keuntungan sebesar 1,1 triliun yuan ($160 miliar), naik 20 persen tahun ke tahun.

Sebuah laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan United Nations Development Programme (UNDP) menyebutkan, Jumat (11/8/2017) negara raksasa Asia itu akan menderita kerugian ekonomi jika tidak penduduknya tidak segera mengurangi kebiasaan merokok.

Dalam satu laporan "The Bill China Can not Afford"-memperkirakan bahwa total biaya ekonomi tahunan untuk penggunaan tembakau di negara ini pada tahun 2014 adalah 350 miliar yuan, meningkat sepuluh kali lipat dari tahun 2000.

"Jika tidak ada yang dilakukan untuk mengurangi tingkat kematian dan mengenalkan kebijakan yang lebih progresif, konsekuensinya dapat menghancurkan tidak hanya untuk kesehatan orang-orang di seluruh negeri, tetapi juga untuk ekonomi China secara keseluruhan," kata perwakilan WHO China, Bernhard Schwartlander

Perhitung kerugian ekonomi dari para perokok itu mencakup biaya langsung untuk mengobati penyakit terkait tembakau dan biaya tidak langsung seperti kehilangan produktivitas kerja.

Dua puluh delapan persen dari semua orang dewasa dan 50 persen pria di China diperkirakan merokok secara teratur.

Migran pedesaan-ke-perkotaan lebih cenderung menjadi perokok.

Halaman
12
Penulis: ariframdan
Editor: ariframdan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help