SerambiIndonesia/

300 Galon Aqua Berisi Air Tanah Beredar di Tangsel, Begini Tips Hindari Aqua Galon Palsu

Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menyampaikan sejumlah tips agar konsumen terhindar dari Aqua galon palsu ini.

300 Galon Aqua Berisi Air Tanah Beredar di Tangsel, Begini Tips Hindari Aqua Galon Palsu
(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Komplotan pemalsu Aqua galon di Mapolsek Cilandak, Rabu (23/8/2017). 

SERAMBINEWS.COM - Kepolisian membongkar pabrik Aqua kemasan galon palsu di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan.

Selama setahun terakhir, setiap harinya pabrik rumahan ini mengedarkan setidaknya 300 galon Aqua berisi air tanah ke wilayah Pamulang, Cilandak, dan sekitarnya.

Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menyampaikan sejumlah tips agar konsumen terhindar dari Aqua galon palsu ini.

"Ciri galon asli tutupnya berwarna kombinasi biru dan putih, pada bagian permukaan tutup Aqua galon terdapat tulisan berlogo Danone AQUA dan lambang AQUA QUALITY COMMITMENT (AQC), ada kode produksi di tutup galon yang sama kodenya dengan di leher galon," ujar Arif kepada Kompas.com, Kamis (24/8/2017).

Setelah itu, pada bagian samping tutup galon terdapat model droplet atau tetes air yang digunakan sebagai alur pembuka. Pada saat membuka tutup galon, alurnya dalam keadaan tidak seperti sudah dibuka.

Pada badan galon di lekukan ketiga setelah bahu galon, terdapat kode BB, yang bertuliskan print tinta hitam yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan.

Pastikan cetakan tanggal kedaluwarsa dalam keadaan sempurna, terbaca jelas dan produk tidak kedaluwarsa. 

"Pada bagian badan galon terdapat tulisan AQUA timbul, di tengah badan galon terdapat label yang berlogo Danone AQUA," kata Arif.

Setiap galon Aqua berisi air bersih 19 liter. Pastikan air di dalam galon tampak bening dan tidak berbusa.

Laporan dari konsumen yang tertipu, air dalam galon lama kelamaan jika didiamkan menjadi keruh. Rasa air Aqua palsu juga dilaporkan antah.

Padahal, Aqua yang asli tidak mengeluarkan aroma apapun, terasa segar, dan tidak memberikan rasa keset.

Arif berpesan kepada konsumen untuk mencegah praktik pemalsuan Aqua yakni dengan merusak tutup galon setelah dibuka agar tutup tak dapat digunakan lagi. Kemudian, saat menuang ke dispenser, jangan menyentuh leher botol.

Berita ini telah ditayangkan pada kompas.com dengan judul : "Tips Hindari Aqua Galon Palsu"

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help