SerambiIndonesia/

Kirain Bisa Bikin Sehat, Ternyata Kebiasaan Ini Kalau Dilakukan Berlebihan Bisa Berbahaya

Kelompok berisiko lainnya, menurut Oz, adalah “orang-orang dengan penyakit ginjal dan individu

Kirain Bisa Bikin Sehat, Ternyata Kebiasaan Ini Kalau Dilakukan Berlebihan Bisa Berbahaya
Shutterstock
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Tidak semua yang dianggap “sehat” tidak berbahaya. Pekan lalu seorang binaragawan berusia 25 tahun dari Australia, Meegan Hefford, meninggal karena overdosis protein, setelah ia mengonsumsi suplemen pembentuk otot secera berlebih.

"Bagi sebagian besar orang, suplemen protein tidak berbahaya, dan sangat jarang terjadi overdosis," kata Dr. Mehmet Oz, yang menegaskan bahwa Hefford ternyata juga mengalami gangguan siklus urea, yang menurunkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme protein.

Kelompok berisiko lainnya, menurut Oz, adalah “orang-orang dengan penyakit ginjal dan individu yang meningkatkan asupan protein dengan cepat.” Karena itu kelompok ini harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen protein.

Berikut adalah kebiasaan yang terlihat sehat, namun memiliki bahaya tak terduga:

- Minum terlalu banyak air

Pada tahun 2007, Jennifer Strange yang berusia 28 tahun meninggal karena keracunan air setelah berpartisipasi dalam sebuah kontes radio yang meminta para peserta meminum air sebanyak-banyaknya untuk memenangkan sebuah konsol video-game.

"Tubuh memiliki kapasitas yang besar untuk mengeluarkan air yang Anda minum, tapi ini bukan untuk asupan yang tidak terbatas," kata ahli hidrasi Dr. Stanley Goldfarb, seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania.

Kemampuan tubuh untuk menangani asupan cairan yang sangat banyak itu hanya sekitar satu jam sebelum tingkat natrium mulai menurun dan mengakibatkan cedera otak.

Goldfarb memperingatkan bahwa pelari marathon—yang kehilangan elektrolit dan sodium selama kompetisi—dapat beresiko jika mereka mengalami overhidrasi setelah mereka melewati garis finish.

- Berolahraga terlalu intensif

Halaman
123
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help