80 Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry Magang Perdana, Ini Sejumlah Lokasi yang Disiapkan

Untuk tahap awal, jumlah mahasiswa-mahasiswi yang dimagangkan sebanyak 80 orang. Lamanya satu bulan penuh, terhitung 1 September 2017.

80 Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry Magang Perdana, Ini Sejumlah Lokasi yang Disiapkan
ist
Saifullah Isri 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN Ar-Raniry yang baru berumur tiga tahun mulai memagangkan mahasiswanya ke sejumlah instansi pemerintah dan nonpemerintah di Aceh.

Untuk tahap awal, jumlah mahasiswa-mahasiswi yang dimagangkan sebanyak 80 orang. Lamanya satu bulan penuh, terhitung 14 September 2017.

Menurut Wakil Dekan II FISIP UIN Ar-Raniry, Dr Saifullah Isri MA kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat (1/9/2017) siang, tahun ini merupakan tahun pertama FISIP menempatkan mahasiswanya untuk magang di berbagai instansi/lembaga.

Baca: 26 Calon Tenaga Magang ke Jepang Terima Uang 260 Ribu Yen

Tempat-tempat pemagangan mahasiswa yang telah disurati Dekan FISIP UIN Ar-Raniry dan sudah menyatakan kesediaannya menampung mahasiswa magang adalah 1) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, 2) Komisi Independen Pemilihan Banda Aceh, 3) Badan Pengawas Pemilihan Umum Aceh, 4) Newsroom Harian Serambi Indonesia, 5) Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) Aceh, 6) Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh, 7) Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, dan sejumlah lembaga pemerintah lainnya di Banda Aceh.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Prof Dr HM Nasir Budiman yang didampingi  Wakil Dekan 1, Dr Muji Mulia MAg, menyatakan, melalui pemagangan mahasiswa kali pertama ini FISIP UIN Ar-Raniry diharapkan dapat melahirkan lulusan perdana pada tahun 2018.

Ia terangkan bahwa mahasiwa-mahasiswi yang akan melakukan magang perdana ini sudah diseleksi oleh ketua program studi di masing-masing fakultas, sehingga dinyatakan lulus untuk dapat melakukan magang.

Menurut Prof Dr HM Nasir Budiman, proses pemagangan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan selama sebulan penuh itu didampingi oleh seorang supervisor dari tiap lokasi penempatan. 

Baca: Beri Peluang Mahasiswa Magang ke Luar Negeri

"Kita berharap melalui pemagangan ini mahasiswa FISIP dapat menimba pengalaman riil di lokasi penempatan dan berinteraksi dengan para pegawai/karyawan dalam mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan. Sehingga para lulusan FISIP UIN Ar-Raniry berkompeten dan profesional dalam mengembangkan dan menerapkan keilmuannya di tengah-tengah masyarakat nantinya," ujar Prof Nasir.

Para mahasiswa magang itu mulai diantar ke lokasi magang.

Salah satunya ke Newsroom Serambi Indonesia pada 30 Agustus lalu sebanyak tiga orang oleh Wakil Dekan II, Dr Saifullah Isri  MA yang didampingi oleh Ketua Prodi Ilmu Politik, Dr Abdullah Sani MA. (*)

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help