SerambiIndonesia/

Indonesia-Turki Sepakat Buat Kapal Selam, Tank, dan Drone

Pertemuan kemarin tersebut membahas perkembangan kerja sama produksi medium tank yang hasilnya satu prototipe medium tank Turki yang bernama Kaplan

Indonesia-Turki Sepakat Buat Kapal Selam, Tank, dan Drone
Kayhan Özer - Anadolu Agency
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ki) dan Joko Widodo (ka) berjalan melewati pasukan penghormat saat upacara penyambutan di Kompleks Kepresidenan di Ankara, Turki, 6 Juli 2017. 

JAKARTA - Indonesia dan Turki telah menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang pertahanan dan kedirgantaraan berupa pembuatan kapal selam, tank kelas menengah (medium tank), dan pesawat tanpa awak, kata pejabat kementerian pertahanan RI.

Menurut Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Sutrimo Sumarlan, MoM (minute of meeting) ditandatangani kemarin oleh Wakil Menteri Pertahanan Turki Ismail Demir dan dirinya sebagai ketua delegasi Indonesia dalam kesepakatan tersebut.

“Isinya, intinya adalah komitmen untuk meneruskan kerja sama saling menguntungkan dan saling menghormati di bidang industri pertahanan,” kata Sutrimo kepada Anadolu Agency, Jumat (8/9/2017).

(Baca: Pengumuman CPNS S1 Kemenkumham Aceh Salah Ketik, Ini Perbaikannnya)

Dia mengatakan Indonesia menyambut baik tawaran Turki tentang kerja sama pembuatan rancangan dan teknologi kapal selam kelas kilo 216, sesuai dengan UU No.16 tahun 2012.

“Turki juga menawarkan produk pesawat tanpa awak kelas MALE (Medium Attitude Long Endurance),” kata Sutrimo.

Kerja sama dalam bidang pertahanan tersebut, kata dia, juga termasuk program alih teknologi dan juga produksi bersama (joint production).

Menurut Sutrimo, kesepakatan kedua negara ini seiring dengan kegiatan tahunan Defense Industry Cooperation Meeting (DICM). Pertemuan DICM tahun ini merupakan kegiatan tahunan yang ke-6.

(Baca: Turki Adili 500 Orang Terkait Kudeta Gagal)

Pertemuan kemarin tersebut membahas perkembangan kerja sama produksi medium tank yang hasilnya satu prototipe medium tank Turki yang bernama Kaplan dan kini prototipe untuk Indonesia, kata dia.

Dia menambahkan untuk prototipe tank Indonesia sedang dalam penyelesaian semua integrasi sistem dan rencananya akan diikutsertakan dalam peringatan hari TNI 5 Oktober tahun depan.

Selain itu, kata Sutrimo, perusahaan elektronika dalam negeri PT Len Industri dan perusahaan yang sama dari Turki akan melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan bidang elektronika dalam konteks pertahanan.

Kedua negara juga menyepakati kerja sama bidang kedirgantaraan antara PT Dirgantara Indonesia dan Turkey Airospace Industry (TAI), kata Sutrimo.

Menurut dia, beberapa kerja sama lainnya juga akan dilakukan, seperti membantu industri pertahanan Indonesia sampai benar-benar menguasai teknologi medium tank.(aa.com.tr)

Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help