SerambiIndonesia/

Aceh Kumpul Beras untuk Rohingya

Forum Solidaritas Aceh Untuk Rohingya akan menggalakkan program breuh sicupak bagi muslim Rohingya

Aceh Kumpul Beras untuk Rohingya
SEKRETARIS Redaksi Serambi Indonesia, Bukhari M Ali menerima kunjungan Ketua Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAUR), Tgk H Faisal Ali beserta anggota di Kantor Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (11/9). 

BANDA ACEH - Forum Solidaritas Aceh Untuk Rohingya akan menggalakkan program breuh sicupak bagi muslim Rohingya di Myanmar. Dengan program ini, masyarakat Tanah Rencong diajak berdonasi dengan mengumpulkan beras.

Hal itu disampaikan Koordinator Forum, Tgk H Faisal Ali saat mengunjungi Kantor Harian Serambi Indonesia, Meunasah Mayang, Pagarair, Aceh Besar, Senin (11/9). Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua MPU Aceh itu didampingi penggerak aksi lainnya, mereka disambut Sekretaris Redaksi Bukhari M Ali dan Wakil Redaktur Pelaksana Nasir Nurdin.

Tgk Faisal Ali mengatakan, Solidaritas Aceh Untuk Rohingya itu terbentuk setelah 78 ormas di Aceh menggelar pertemuan terkait Rohingya di MPU Aceh, Jumat (8/9) lalu. Sehingga semua misi kemanusian dari lembaga atau organisasi yang ada di Aceh akan dilakukan melalui forum tersebut.

Dikatakan, dalam program breuh sicupak akan melibatkan para pemuda gampong. Nantinya mereka akan turun langsung menggalang bantuan beras ke masyarakat. Ditargetkan sebelum 25 September 2017, beras hasil donasi masyarakat Aceh telah terkumpul. Sebab, pada tanggal tersebut akan ada kapal yang pembawa bantuan berangkat ke Bangladesh, sehingga sumbangan rakyat Aceh akan dititip melalui kapal itu.

“Program breuh sicupak ini juga akan menjadi barometer dalam melihat semangat masyarakat Aceh membantu warga Rohingya,” ujar ulama yang akrab disapa Lem Faisal kemarin.

Dia menambahkan, ada beberapa agenda yang akan digalang forum solidaritas tersebut untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Diantaranya menggelar doa bersama secara serentak se-Aceh. Melakukan penggalangan dana, hingga menggelar seminar internasional mengenai konflik etnis Rohingya.

Menurutnya, misi jangka panjang forum ini yaitu dapat berkontribusi dalam menyelesaikan konflik di Provinsi Rakhine, Myanmar tersebut. Karena mereka membawa nama Aceh, ia berharap Forkopimda dapat berada di dalam misi itu.

Saat ini Solidaritas Aceh Untuk Rohingya sudah membuka rekening guna menghimpun donasi masyarakat Aceh. Rekening yang dibuka di Bank Aceh Syariah itu atas nama Aceh untuk Rohingya dengan momor rekening 610.01.99.00088.4.

Humas Solidaritas Aceh Untuk Rohingya, Teuku Zulkhairi mengimbau masyarakat agar dapat menyisihkan sedikit rezeki untuk saudara muslim Rohingya. Bantuan dapat ditranfer ke rekening itu.

Mereka berharap partisipasi masyarakat Aceh dalam membantu Rohingya. Selain dalam bentuk beras, bantuan dengan dana juga sangat dibutuhkan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help