SerambiIndonesia/

Banda Aceh Soft Launching Lembaga Keuangan Mikro Syariah

Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM melakukan soft launching Lembaga Keuangan Mikro

Banda Aceh Soft Launching Lembaga Keuangan Mikro Syariah

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM melakukan soft launching Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang akan diberi nama PT Mahirah Muamalah Syariah, di Aula Lantai IV, Gedung A Balai Kota, Banda Aceh, Senin (11/9). Lahirnya Lembaga ini merupakan realisasi dari janji Amin-Zainal yang ingin memberdayakan usaha kecil, dan industri rumah tangga di Banda Aceh sesuai dengan prioritas visi misinya pada program ekonomi, agama dan pendidikan.

“Ini memang janji kami dalam rangka mendorong tumbuhnya perekonomian rakyat terutama usaha kecil, dan rumah tangga dimana pembiayaannya dengan sistem syariah,” ujar Aminullah. Ia menambahkan tujuan didirikannya perseroan Lembaga Keuangan Mikro Syariah tersebut untuk memberikan dukungan pembiayaan, peningkatan akses, kinerja, pemberian jasa konsultasi usaha mikro, usaha kecil dan usaha rumah tangga, serta memperluas kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan.

Lahirnya lembaga keuangan ini diharapkan juga dapat membebaskan masyarakat pelaku usaha kecil dari praktik peminjaman modal dari lembaga yang tidak resmi yang justru memberatkan pelaku usaha kecil, seperti mendapatkan modal dari rentenir.

Di samping itu, Aminullah juga mengapresiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia yang mendukung lahirnya PT Mahirah Muamalah Syariah ini. Dalam hal ini, OJK berjanji akan mengeluarkan izin dalam 60 hari ke depan.

Pada kesempatan yang sama, Pakar Ekonomi Syariah yang juga Direktur Program Pascasarjana (PPs) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Syahrizal Abbas menyampaikan lahirnya sebuah lembaga keuangan yang menjalankan prinsip syariah adalah amanah Allah.

Mantan Kadis Syariat Islam Aceh ini meminta lembaga tersebut untuk dapat menjalankan transaksi secara syariah, dan menghindari praktek riba, karena riba dilarang dalam Islam sebab merusak tatanan ideologi masyarakat muslim. (una/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help