SerambiIndonesia/

Bupati Pidie Jaya Tinjau Irigasi Lhok Sandeng, Berfungsi Suplai Air Untuk Empat Kecamatan Ini

Terutama saat musim tanam gadu dikarenakan debit air dari irigasi Krueng Jeulanga dan Krueng Ulim yang sang minim.

Bupati Pidie Jaya Tinjau Irigasi Lhok Sandeng, Berfungsi Suplai Air Untuk Empat Kecamatan Ini
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Wakil Bupati, H Said Mulyadi SE MSi (Tengah) bersama rombongan meninjau waduk DI Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua, Rabu (13/9/2017). 

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya (Pemkab Pijay) memprogramkan penerobosan suplai air untuk lahan pertanian di empat kecamatan melalui irigasi Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua.

Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas bersama Wakil Bupati Pidie Jaya, H Said Mulyadi SE MSi kepada Serambinews.com, Rabu (13/9/2017) disela-sela peninjauan Waduk DI Lhok Sandeng, Meurah Dua mengatakan, selama ini fungsi waduk di Lhoksandeng hanya mengairi areal persawahan sebagian di Kecamatan Meurah Dua dan sebagian Kecamatan Ulim.

Baca: Pidie Jaya Panen Raya Jagung di 13 Gampong, Segini Hasil Panen dan Luas Areal 

"Padahal, debit air sungai Krueng Meureudu ini sangatlah berpotensi besar untuk dapat mengairi 5.000 Ha lebih lahan pertanian yang berada di Kecamatan Bandar Dua, Ulim serta Meurah Dua dan Ulim secara menyeluruh,"sebutnya.

Selama ini, umumnya para petani di Kecamatan Bandar Dua dan Jangka Buya saat musim kemarau mengalami kesulitan besar dalam memperoleh air.

Terutama saat musim tanam gadu dikarenakan debit air dari irigasi Krueng Jeulanga dan Krueng Ulim yang sang minim.

Sehingga dengan sendirinya upaya pencapaian hasil panen tidak maksimal.

Baca: Tiga Kantor SKPK di Pidie Jaya Dibobol Maling, Barang yang Hilang Nilainya Puluhan Juta

Dengan berfungsinya program penerobosan saluran irigasi dari waduk DI Lhok Sandeng, Meurah Dua ini dapat memenuhi kebutuhan air untuk ribuan hektar lahan di empat kecamatan.

Selain itu juga waduk DI Lhok Sandeng ini juga berfungsi menyuplai air bersih kepada ribuan pelanggan yang selama ini tersebar di Kecamatan Meureudu, Meurah Dua, Ulim‎, Panteraja, Bandar Dua, Bandar Baru, serta Jangka Buya. (*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help