SerambiIndonesia/

Dituding Jadi Mata-mata, Antivirus Terkenal Ini Resmi Dilarang  

Soal upaya mata-mata di ranah cyber mulai ramai dibicarakan di AS usai kejadian bocornya e-mail kandidat presiden dalam masa kampenye tahun lalu

Dituding Jadi Mata-mata, Antivirus Terkenal Ini Resmi Dilarang  
Eugene Kaspersky, CEO sekaligus pendiri Kaspersky Lab (Deliusno/KOMPAS.com) 

SERAMBINEWS.COM - Kemelut yang mendera perusahaan aplikasi keamanan internet Kaspersky di Negeri Paman Sam terus berlanjut.

Pekan ini, Department of Homeland Security resmi melarang penggunaan software Kaspersky oleh badan-badan federal dan pemerintah Amerika Serikat.

Kaspersky adalah sebuah Anti Virus yang dibuat dari Kota Moscow, Rusia yang memiliki peringkat No. 1 di dunia setelah BitDefender.

Bahkan Kaspersky memang cukup ampuh untuk melindungi komputer dari serangan virus lokal maupun internasional.

Baca: Virus WannaCry Buatan Korea Utara?

Dalam arahan yang dikeluarkan oleh Department of Homeland Security, semua badan federal dan pemerintah diinstruksikan untuk mengidentifikasi produk Kaspersky yang dipakai di institusi masing-masing.

Mereka diberikan waktu 30 hari untuk melakukan hal tersebut.

Setelahnya, dalam tempo 60 hari, badan federal dan pemerintah AS mesti menghapus semua software Kaspersky yang digunakan.

Latar belakang di balik pelarangan tersebut adalah kecurigaan bahwa software Kaspersky bisa dipakai oleh Rusia -negara asal Kaspersky- untuk memata-matai kegiatan pemerintah AS.

Sebelumnya, pada Juni lalu, militer AS sudah lebih dulu dilarang memakai produk Kaspersky.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help