SerambiIndonesia/

Waahhh, di Kafe Ini Ada Kopi Dicampur Jus Durian, Gimana Rasanya Ya!

Perbandingan buah dan latte-nya dua banding tiga. Sehingga rasa buah tetap menonjol dalam segelas kopi tersebut.

Waahhh, di Kafe Ini Ada Kopi Dicampur Jus Durian, Gimana Rasanya Ya!
KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Varian menu unik yang bisa disajikan X Coffee, Tendean, Jakarta. Anda bisa mencoba latte dengan wadah cone, cookies, dan choux atau kue sus, juga ada kopi dengan rasa durian, mangga, dan cocopandan. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Berawal dari keinginan menyajikan varian latte yang berbeda, kedai kopi ini menyediakan ragam paduan kopi dengan buah-buahan.

Dilansir dari Kompas Travel, adalah Kedai X Coffee di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, yang mengombinasikan jus mangga sampai durian ke dalam sajian latte yang manis dan creamy.

Rasa khas dari masing-masing buah cukup "nendang", bercampur dengan rasa kopi yang segar.

"Kalau orang tahunya kan kreasi latte cuma tiramisu, tapi belum ada yang memanfaatkan buah. Sedangkan cewek banyak juga yang suka buah dan latte, jadi kita coba, ternyata responnya baik," ujar Aji, barista senior di X Coffee kepada KompasTravel, Selasa (19/9/2017).

(Baca: Ketika Jenderal Kepincut Kopi Khop)

X Coffee sendiri menggunakan jus buah buatan sendiri. Perbandingan buah dan latte-nya dua banding tiga. Sehingga rasa buah tetap menonjol dalam segelas kopi tersebut.

"Kopinya semua espresso based, kita pake blend dari Sumatera Simalungun. Sedangkan buahnya mangga harum manis, durian medan, kalau pandan yang apa saja," ujar Aji yang menjadi barista sejak X Coffee pertama berdiri.

(Baca: Kopi Dingin Lebih Sehat dari Kopi Panas, Masa Sih? Begini Penjelasannya)

Menurut Aji, buah yang digunakan juga harus segar. Jangan terlalu lama ditaruh di lemari pendingin, karena akan memengaruhi kuatnya rasa buah saat dicampur dengan kopi.

Untuk menyiasati rasa buah yang kuat seperti durian, Aji mengkombinasi espresso dengan susu segar serta susu kental manis agar lebih creamy dan menghaluskan kuatnya espresso tersebut.

Halaman
12
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help