SerambiIndonesia/

Tafakur

Perilaku Aneh

Kepergok melakukan suatu kejahatan seperti korupsi, banyak orang menunjukkan wajah gembiranya

Perilaku Aneh

Oleh Jarjani Usman

“Malu dan iman adalah satu pasang, jika salah satunya hilang maka yang lain juga hilang” (HR. Al-Hakim).

Kepergok melakukan suatu kejahatan seperti korupsi, banyak orang menunjukkan wajah gembiranya. Bahkan, tak sedikit yang bangga memiliki rumah besar dan kendaraan mewah dari hasil kejahatannya. Begitulah keanehan perilaku seseorang kalau rasa malu sudah dicabut dari hatinya. Bila sudah berperilaku aneh seperti itu, sejumlah efek buruk bakal segera terjadi padanya.

Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW mengingatkan bahwa sesungguhnya Allah tatkala hendak membinasakan seorang hamba, akan dicabut rasa malu darinya. Ketika Allah telah mencabut rasa malu darinya, orang itu tidak akan mendapati dirinya kecuali ia dibenci dan membenci orang lain. Ketika tidak mendapati dirinya, kecuali dibenci dan membenci orang lain, akan dicabut amanah darinya.

Rasulullah melanjutkan peringatannya bahwa bila sifat amanah telah dicabut dari seseorang hamba, maka ia tidak mendapati dirinya kecuali berkhianat dan dikhianati orang lain. Ketika tidak mendapati dirinya, kecuali ia berkhianat dan dikhianati, maka akan dicabut darinya rahmat. Ketika telah dicabut rahmat darinya, maka tidak mendapati dirinya, kecuali ia dikutuk dan dilaknat. Ketika tidak mendapati dirinya kecuali ia dikutuk dan dilaknat, maka akan dicabut darinya tali agama Islam (HR. Ibnu Majah).

Karena itu, menjaga kekuatan iman sangat penting. Orang-orang yang beriman kuat pasti punya rasa malu karena malu bagian tak terpisahkan dari iman.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help