KIP Bener Meriah Kumpulkan Parpol  

Komisi Independen Pemilihan (KIP) akan mulai melakukan verifikasi dokumen persyaratan partai politik

KIP Bener Meriah Kumpulkan Parpol   
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL

REDELONG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) akan mulai melakukan verifikasi dokumen persyaratan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, terhitung mulai dari 3 hingga 16 Oktober 2017.

Tahapan sosialisasi dilakukan mulai 1 hingga 3 Oktober 2017. Untuk itu, kepada masing-masing parpol diminta agar mencermati mekanisme dan syarat-syarat yang diperlukan.

“Tanggal 1-3 Oktober 2017, kita selaku penyelenggara pemilihan umum akan mengumumkan informasi pendaftaran, sehingga partai politik bisa melihat dengan seksama apa saja yang harus disiapkan untuk melakukan pendaftaran,” kata Ketua KIP Bener Meriah, Muhtaruddin, Jumat (29/9).

Hal itu disampaikannya dalam acara sosialisasi pendaftaran verifikasi partai politik calon peserta Pemilu yang berlangsung di di Aula Setdakab Bener Meriah. Acara itu dihadiri seluruh parpol.

Muhtaruddin mengingatkan kepada seluruh parpol agar mencermati dan mempelajari peraturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, Tentang Pemilihan Umum yang mengatur secara teknis tentang pendaftaran, serta terusannya yang diatur dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2017.

Pada tanggal 3 hingga 16 Oktober, pihaknya akan melakukan verifikasi dokumen persyaratan yang dimasukkan oleh seluruh parpol. Verifikasi dilakukan untuk melihat apakah syarat yang dilampirkan telah terpenuhi atau belum. Jika belum, pihaknya akan memberi tambahan kepada parpol untuk melengkapi syarat yang dibutuhkan.

“KIP akan memberikan waktu perbaikan kepada setiap parpol yang telah mendaftar, jika ada syarat yang masih belum terpenuhi. Untuk ini kita perlu melakukan sosialisasi agar parpol ini paham dan mengerti apa-apa saja yang harus dipenuhi,” pungkasnya.

Terkait dengan dukungan, acuannya berdasarkan 1/1000 x jumlah penduduk Bener Meriah. Karena jumlah penduduk Bener Meriah 194.000, berarti sertiap dukungan calon hanya dibutuhkan 154 pendukung dengan ditandai fotokopy KTP dan KTA anggota parta bersangkutan. “Disitulah kita nantinya akan melakukan verifikasi untuk memastikan pendukung dan bukan pendukung dan anggota partai ganda,” tegasnya.(c51)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved