Senator Pulangkan TKI Penderita Kanker Rahim

Salihah (48), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Blang Talon, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara

Senator Pulangkan TKI Penderita Kanker Rahim
Salihah TKI asal Desa Blang Talon Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara yang menderita kanker rahim akhirnya pada Sabtu (30/9) mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh sekitar pukul 16.00 WIB. 

* Dua Bulan Terbaring di Malaysia

LHOKSUKON - Salihah (48), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Blang Talon, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara yang menderita kanker rahim, Sabtu (30/9), akhirnya berhasil pulang ke Aceh untuk berobat, setelah dua bulan terbaring di Malaysia. Janda itu mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh sekitar pukul 16.00 WIB, setelah sehari sebelumnya mendapatkan bantuan berupa tiket pesawat dari H Sudirman alias Haji Uma, anggota DPD RI atau senator asal Aceh.

“Saya mendapat informasi ada TKI asal Aceh menderita kanker di Malaysia dari postingan di media sosial Abu Saba (Nazaruddin). Saya sedih ketika membaca postingan itu yang menyebutkan Salihah sudah dua bulan terbaring menderita kanker dan tidak bisa pulang karena tak ada biaya,” ujar Haji Uma kepada Serambi, kemarin.

Kemudian, Haji Uma mencari tahu identitas sebenarnya Salihah, TKI asal Aceh yang berada di Malaysia tersebut. “Lalu saya langsung mengabari ke warga Aceh di Malaysia yang tergabung dalam Grup Kesatuan Aneuk Nanggroe Acheh (KANA), untuk membantu dua tiket pesawat untuk Salihah dan pendampingnya, karena dia tak bisa pulang sendiri. Kecuali itu, juga ada sedikit bantuan untuk kebutuhan sehari,” ujar anggota DPD Komite II tersebut.

Setiba di Aceh, Salihah disambut langsung staf H Sudirman bersama Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Aceh untuk dibawa ke RSUZA Banda Aceh. “Terima kasih atas bantuan masyarakat Aceh di Malaysia serta kepada Abu Saba dan Grup KANA yang telah membantu pemulangan Ibu Salihah,” ujar Haji Uma.

Sementara itu, Nazaruddin (Abu Saba), TKI asal Aceh di Malaysia kepada Serambi, kemarin, menyebutkan, selama dua bulan terbaring sakit karena menderita kanker rahim, Salihah tak bisa bekerja sama sekali. “Untuk biaya hidup selama dua bulan tak bekerja itu, dia dibantu warga Aceh yang berada di Malaysia. Selain biaya sehari-hari, warga Aceh juga membantu administrasi pemulangan Salihah. Alhamdulillah, akhirnya saya kemudian dihubungi Haji Uma dan bersedia membantu dua tiket untuk Salihah serta pendampingnya,” ungkap Abu Saba.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help