SerambiIndonesia/

Tafakur

Bahasa Harian

Hidup kita tak terlepas dari interaksi harian, yang tentunya melibatkan bahasa sebagai alatnya

Bahasa Harian

Oleh: Jarjani Usman

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti hati” (QS. Al Baqarah: 263).

Hidup kita tak terlepas dari interaksi harian, yang tentunya melibatkan bahasa sebagai alatnya. Bahasa atau ucapan yang digunakan seseorang menunjukkan identitas orangnya. Orang-orang yang bertaqwa akan cenderung berusaha untuk mengendalikan bahasa yang digunakannya, karena bila salah dapat menimbulkan dosa dan bila benar bisa mendulang pahala.

Apalagi tak jarang terjadi, bahasa bisa melukai hati. Sakitnya bisa berkepanjangan dan bahkan menimbulkan dendam hingga mati. Karena itu, kita diingatkan untuk jangan sekali-kali menggunakan bahasa buruk, seperti terhadap orang-orang yang dibantu (QS. Al Baqarah: 262). Bukan hanya menyakiti hati orang yang dibantu, tetapi juga menghasilkan dosa dan menghapus pahala.

Sebaliknya, kita sangat dianjurkan untuk menggunakan bahasa-bahasa yang baik-baik dilihat dari manfaatnya dan kesantunannya dalam berinteraksi dengan siapa saja. Apabila tidak bermanfaat apa yang disampaikan, kata Rasulullah SAW, kita sangat dianjurkan untuk diam saja.

Bahkan bila memang terlibat dalam suatu perdebatan, dianjurkan untuk menggunakan bahasa sebaik mungkin. Allah menyuruh kita untuk berdebat dengan cara yang lebih baik (QS. An Nahl: 125), yang mengisyaratkan keharusan untuk menggunakan bahasa yang baik. Bila tidak, bisa memutuskan hubungan silaturrahmi, yang haram hukumnya.

ang juga perlu diingat, bahasa yang digunakan sehari-hari bisa dibawa mati. Bahasa-bahasa buruk untuk memaki orang lain, misalnya, akan membuat penggunanya susah untuk menghindari bahasa itu hingga akhir hayatnya. Karena itu, kita perlu mencontoh bahasa-bahasa orang bertaqwa, yang senantiasa menebarkan kedamaian, kasih saying, peringatan dan pencerahan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help