SerambiIndonesia/

Tafakur

Rugi Berilmu

Barangsiapa menuntut ilmu dengan berniat bukan karena Allah, maka hendaklah ia menyediakan tempat

Rugi Berilmu

Oleh: Jarjani Usman

“Barangsiapa menuntut ilmu dengan berniat bukan karena Allah, maka hendaklah ia menyediakan tempat di neraka” (HR. Tirmidzi).

Di zaman sekarang banyak orang berilmu tapi tak mampu menerangi jalan hidupnya. Pasalnya, ilmu hanya dijadikan sebagai alat untuk menyombongkan diri, meraih jabatan, mencari isi perut, dan berbuat kejahatan lainnya. Akibatnya, jalan kehidupan yang dilalui menjadi
gelap.

Tak jarang didapati orang-orang yang sudah berpendidikan tinggi, tetapi gemar melakukan perbuatan tercela seperti korupsi. Banyak juga orang-orang yang bertugas untuk mengadili suatu perkara malah menjadi pemihak karena sangat memperturutkan hawa nafsu. Tak sedikit orang-orang yang diangkat dan digaji besar untuk mengurus urusan-urusan rakyat, malah menambah-nambah kesulitan. Semua ini menunjukkan bahwa menuntut ilmu bagi sebahagian (besar) orang adalah karena Allah tetapi karena ingin memperturutkan hawa nafsu.

Padahal yang demikian menimbulkan kerugian-kerugian yang amat besar terutama bagi diri sendiri. Antara lain, pertama, rugi karena ilmu disalahgunakan sehingga menghasilkan banyak dosa. Padahal seharusnya memperoleh pahala berlimpah dengan mengamalkan ilmu dengan baik. Kedua, rugi tak mendapat pahala terus-menerus dari manfaat ilmu sesudah kematiannya. Padahal ilmu yang diwariskan akan memperoleh pahala amal jariyah. Ketiga, rugi karena ilmunya menuju neraka.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help