Gampong Mulia Jadi Kampung KB Sejahtera

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Selasa (3/10), mencanangkan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam

Gampong Mulia Jadi Kampung KB Sejahtera
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman (tiga kanan), didampingi pejabat lainnya menggunting pita pelepasan balon ke udara pada pencanangan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, sebagai Kampung KB Sejahtera, Selasa (3/10). 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Selasa (3/10), mencanangkan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Sejahtera.

Hadir dalam acara itu, Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Ketua DPRK, Arief Fadillah, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang diwakili Kabid Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (ADPIN), Faridah, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (KB) Banda Aceh, dr Media Yulizar, serta Muspika, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Wali Kota dalam sambutannya, mengatakan, Kampung KB merupakan program dari Presiden Jokowi. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk menyukseskan program tersebut. “Program KB bukan membatasi jumlah anak, tapi bagaimana menciptakan anak-anak berkualitas melalui keluarga dengan meningkatkan kesejahteraannya,” kata Aminullah.

Wali Kota berharap program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang akan dilaksanakan di Kampung KB dapat berjalan maksimal guna meminimalisir angka kemiskinan dan pengganguran di Banda Aceh.

Sementara itu, Kabid ADPIN Perwakilan BKKBN Aceh, Faridah, mengatakan, Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KKBPK yang juga masuk dalam program prioritas BKKBN. Ia berharap Kampung KB menjadi perhatian khusus semua pihak karena program itu bersentuhan langsung dengan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah terpadat, terpencil, dan termiskin.

“Pariwisata juga bisa dijalankan di Kampung KB, sebab sektor ini juga berperan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di provinsi lain, hal ini sudah dilakukan. Semoga Banda Aceh bisa menerapkannya. Sebab, pada dasarnya program Kampung KB dikembalikan kepada kearifan lokal masing-masing daerah,” jelas Faridah.

Kepala Dinas P3A dan KB Banda Aceh, dr Media Yulizar, dalam laporannya menjelaskan, setelah pencanangan Gampong Mulia sebagai Kampung Sejahtera, dalam bulan ini juga akan dicanangkan lagi Kampung KB di delapan kecamatan di Banda Aceh yaitu Gampong Lampaloh, Kecamatan Lueng Bata, Lamjamee (Jaya Baru), Ulee Lheue (Meuraxa), Gampong Jawa (Kutaraja), Peniti (Baiturrahman), Ceurih (Ulee Kareng), Tibang (Syiah Kuala), dan Lam Ara di Kecamatan Banda Raya.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved