SerambiIndonesia/

500 Penari Rapai Akan Meriahkan Pembukaan Pentas PAI, Ini Jadwalnya

500 penari rapai yang sedang dipersiapkan, akan menampilkan gerak tari dan musik tradisonal, dipadukan dengan musik modern.

500 Penari Rapai Akan Meriahkan Pembukaan Pentas PAI, Ini Jadwalnya
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Sebanyak 500 penabuh dan penari rapai, akan memeriahkan pembukaan Pentas Keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII di Banda Aceh. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lebih kurang sebanyak 500 penabuh dan penari rapai, akan memeriahkan pembukaan Pentas Keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII di Banda Aceh.

Acara tersebut akan berlangsung sejak 9-13 Oktober di Banda Aceh. Opening art atau pembukaannya akan berlangsung Senin (9/10/2017) malam di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

(Baca: Pertunjukan Rapai Tuha Siap Gebrak Panggung di Taman Ismail Marzuki Jakarta)

500 penari rapai yang sedang dipersiapkan, akan menampilkan gerak tari dan musik tradisonal, dipadukan dengan musik modern.

Show director pembukaan Pentas PAI, Sarjev Hirzi, kepada Serambinews.com, Jumat (6/10/2017) mengatakan, ke-500 penabuh rapai itu terdiri atas 430 penari rapai geleng dan 70 orang penabuh rapai pasee, rapai geurimpheng, dan rapai uroh.

(Baca: Rapai dan Teater dari Aceh akan Gebrak Ibu Kota Jakarta, Catat Tanggal Mainnya)

"Para penari dan penabuh rapai ini tergabung dalam Komunitas Ragam Aceh Kreatif (KRAK). Nanti pas pembukaan kita akan memainkan gerak tari dan musik secara serentak," kata Sarjev Hirzi.

Lebih lanjut, seniman kawakan itu mengatakan, ke-500 penabuh rapai itu akan berkolabirasi dengan rytem Aceh tradisional musik orkestra dengan materi lagu 'Jinoe' yang populer di Aceh karya Sarjev Hirzi bersama KRAK.

"Untuk musisi di orkestranya, kita melibatkan musisi terbaik Aceh. Persiapannya terus kita lakukan dan alhamdulillah sudah 95 persen," sebutnya.

Sarjev mengatakan, Pentas PAI adalah event nasional yang akan dihadiri oleh Menteri Agama. Acara ini akan berlangsung dalam beberapa hari hingga 13 Oktober, setelah dibuka 9 Oktober malam.

(Baca: Rapai Geleng Meriahkan Penyerahan Piagam Wisata Halal)

"Peserta dari berbagai provinsi akan mulai berdatangan besok, diprediksikan peserta y
mencapai 3.000 orang. Semoga penampilan opening yang menyuguhkan 500 rapai memperlihatkan bagaimana icon Aceh yang sebenarnya," pungkas Sarjev. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help