HUT TNI

Ini Pesan Panglima untuk Prajurit

PADA upacara HUT Ke-72 TNI, Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin yang bertindak

Ini Pesan Panglima untuk Prajurit
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Drama kolosal Cut Mutia yang ditampilkan dalam balutan berhijab pada peringatan HUT ke 72 Tentera Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (5/10/2017).

PADA upacara HUT Ke-72 TNI, Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin yang bertindak sebagai pimpinan upacara menyampaikan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmatyo. Daniel Chardin tampil menggantikan Pangdam IM, Mayjen TNI Moch Fachrudin yang mengikuti upacara di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam, Panglima Gatot menyampaikan bahwa penyelenggaran hari ulang tahun pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggujawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan.

Dia jelaskan, di balik tema ‚Bersama Rakyat TNI Kuat‘ mengandung makna bahwa TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. „Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis,“ baca Dhaniel Chardin.

Kesejatian tersebut, tambahnya, harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern. „Sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ ujarnya lagi.

Dhaniel Chardin menyatakan, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa dalam membela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI dengan rakyat, katanya, sebagai inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta.

Prestasi dan kinerja TNI yang mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan. „Prajurit TNI harus menjadi suri teladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di mana pun prajurit TNI berada dan bertugas,“ demikian Dhaniel Chardin.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved