Tim Mendikbud Bahas Kebudayaan di Sabang, Ini Tanggapan Wakil Wali Kota

Tim tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Sabang Drs Suradji Junus di ruang kerjanya.

Tim Mendikbud Bahas Kebudayaan di Sabang, Ini Tanggapan Wakil Wali Kota
DOK.HUMAS KOTA SABANG
Pertemuan Wakil Walikota Sabang dan Tim Mendikbud, Jumat (6/10/2017). 

SERAMBINEWS.COM, SABANG -- Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Direktorat Kepercayaan Terhadap Nilai Tradisi dan Budaya bertandang ke Sabang pada Jumat (6/10/2017).

Tim dipimpin langsung oleh Direktur Kepercayaan Terhadap Nilai Tradisi dan Budaya, F Sri Lestariyati dan didampingi oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Irini Dewi Yanti.

Tim tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Sabang Drs Suradji Junus di ruang kerjanya.

(Baca: Sambut Sail Sabang 2017, Wali Kota Pimpin Gotong Royong)

Pertemuan yang berlangsung satu jam itu membahas rencana untuk melaksanakan kenduri laut di Sabang pada tahun 2018 mendatang dalam tajuk "Gelar Budaya Pesisir".

Wakil Wali Kota Sabang, Drs Suradji Junus mengawali pembicaraannya dengan ucapan terima kasih atas kehadiran tim Kemendikbud ke Sabang, ini merupakan suatu penghormatan yang diberikan oleh pemerintah pusat, apalagi untuk membahas dan merencanakan pergelaran budaya.

Dalam kesempatan itu, Suradji mengatakan bahwa, budaya yang dimiliki oleh setiap masyarakat memiliki kekayaan yang begitu besar nilainya.

Namun seiring perkembangan zaman upaya pelestariannya mulai luntur akibat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dan faktor internal masyarakat itu sendiri.

"Untuk ke depan, kita perlu membentuk pola pikir masyarakat, terutama kawula muda agar mampu berkonstribusi dan mengabdikan dirinya dalam melestarikan budaya daerah masing-masing," katanya.

Dikatakan, cara melestarikan suatu kebudayaan tentunya dengan mendalami dan mengetahui tentang budaya itu sendiri.

(Baca: Tahun Depan Akan Ada Investasi Hotel di Sabang, Ini Rinciannya)

"Mempertahankan nilai budaya, salah satunya dengan mengembangkan seni budaya yang disertai dengan keadaaan sekarang ini dan bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai budayanya," urai Wakil Wali Kota ini.

Dalam pertemuan tersebut ikut didampingi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ali Taufik, Ketua Dewan Kesenian Aceh Kota Sabang Fadhlan Bahtiar. (*)

Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved