SerambiIndonesia/

Bank Besar Spanyol Tinggalkan Barcelona, Dampak Inisiatif Kemerdekaan Catalonia

Saham Sadabell di pasar saham Madrid mengalami penurunan drastis pasca upaya kemerdekaan di Catalonia.

Bank Besar Spanyol Tinggalkan Barcelona, Dampak Inisiatif Kemerdekaan Catalonia
aa.com.tr

SERAMBINEWS.COM, BARCELONA - Salah satu bank terbesar di Spanyol, Sadabell memutuskan untuk memindahkan gedung pusatnya dari Barcelona ke Alicante karena khawatir kemerosotan ekonomi yang disebabkan oleh inisiatif kemerdekaan Catalonia.

Dewan direksi Sadabell seusai rapat, Kamis (6/10/2017), mengumumkan kantor pusat bank di Barcelona akan dipindahkan ke tenggara Spanyol, kota Alicante.

Dalam sepekan terakhir, saham Sadabell di pasar saham Madrid mengalami penurunan drastis pasca upaya kemerdekaan di Catalonia. Keputusan untuk memindahkan kantor langsung menaikkan nilai saham Sadabell sebesar 3,21 persen.

(Baca: Teriakan Merdeka Membahana saat Referendum Catalonia, Bagaimana Nasib Barcelona?)

Dengan keputusan tersebut Pasar saham Madrid İbex 35 menutup hari dengan kenaikan sebesar 2,51 persen, yang merupakan kenaikan terbesar dalam tahun ini.

Upaya kemerdekaan di Catalonia juga mempengaruhi perusahaan biotechnology Oryzon. Oryzon juga mengumumkan bahwa kantor pusat di Barcelona akan ditarik ke Madrid.

Sementara itu, koran El Pais mengabarkan Pemerintah Spanyol sedang mempersiapkan undang-undang untuk mempercepat proses pemindahan perusahaan-perusahaan yang ingin keluar dari Catalonia.

Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help