Menag Buka Pentas PAI

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan membuka Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan

Menag Buka Pentas PAI
Drs H Daud Pakeh 

* Malam Ini di Taman Ratu Safiatuddin

BANDA ACEH - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan membuka Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Nasional VIII tahun 2017, Senin (9/10) malam, di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Kegiatan itu akan berlangsung selama lima hari, 9-14 Oktober 2017.

Even nasional dua tahunan itu diikuti sekitar 1.200 peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia. Para peserta merupakan pelajar dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA/SMK yang akan menampilkan kemampuan kreativitasnya dalam ajang yang mengusung tema ‘Merawat Keragaman, Mantapkan Keberagaman’.

Kakanwil Kemenag Aceh yang juga Ketua Pelaksana Pentas PAI VIII, Drs HM Daud Pakeh, saat meninjau persiapan di Taman Ratu Safiatuddin, Minggu (8/10) mengatakan, saat ini sebagian besar peserta sudah tiba di Banda Aceh. Diperkirakan seluruh peserta sudah tiba di Banda Aceh senin sore ini. Kontingen Provinsi Jambi merupakan kontingen pertama yang tiba di Aceh. Rombongan negeri ‘Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’ itu sudah tiba di Banda Aceh Sabtu (7/10).

“Pelaksanaan Pentas PAI kali ini merupakan yang pertama di luar Pulau Jawa. Ini wujud kerja sama Kanwil Kemenag Aceh dengan dinas terkait dan Gubernur Aceh,” ujar Daud Pakeh.

Pentas PAI pertama kali dilaksanakan tahun 2008. Namun sejak 2008 hingga 2015, pentas PAI dilaksanakan di Jakarta dan beberapa kota lain di Pulau Jawa. Ia berharap kehadiran kontingen yang berjumlah ribuan orang peserta itu dapat membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat Aceh.

Selain membuka pentas PAI, Menag RI juga dijadwalkan akan menggelar pertemuan untuk pembinaan kepada ASN Kementerian Agama se-Aceh. Serta akan menyerahkan secara simbolik dana bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) dan bantuan CSR BNI untuk madrasah di Aceh.

Para peserta Pentas PAI 2017 yang mencapai 1.200 orang itu akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di delapan nomor yang diperlombakan. Delapan cabang tersebut yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nashid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB).

Sebagian besar cabang yang diperlombakan akan mengambil lokasi di Taman Ratu Safiatuddin, yaitu di sejumlah anjungan yang ada di dalam kompleks. Selain itu, ada beberapa perlombakan yang berlangsung di Hotel Mekkah, Hotek Daka, Hotel Jeumpa, Dayah Inshafuddin, Lapangan Basket Lampriet, Kantor Dispora Aceh, dan Aula Kantor Gubernur Aceh.

HM Daud Pakeh menambahkan, bahwa dalam Pentas PAI tahun ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta supaya inovasi harus lebih ditonjolkan, termasuk integritas.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved