SerambiIndonesia/

Nelayan Raja Tuha Butuh Dermaga

Puluhan boat kapasitas 9 GT yang biasa menurunkan hasil tangkapan ikan di Sungai Raja Tuha

Nelayan Raja Tuha Butuh Dermaga
NET
Ilustrasi 

KUALASIMPANG - Puluhan boat kapasitas 9 GT yang biasa menurunkan hasil tangkapan ikan di Sungai Raja Tuha, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, membutuhkan dermaga yang representatif untuk sandar boat.

Selama ini, boat nelayan terpaksa bersandar pada talud yang ada tepi sungai. Sehingga menyulitkan awak boat menurunkan hasil tangkapan atau ketika menaikkan kebutuhan nelayan saat akan melaut. Nelayan yang juga pemilik boat, Muhammad Husen, Minggu (8/10) mengatakan, jumlah boat yang bersandar di Sungai Raja Tuha ini lebih dari 20 boat dengan rata rata berkapasitas 9 GT.

Tidak adanya dermaga di lokasi ini, menyulitkan nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan, karena harus menggunakan papan dari boat ke darat untuk mendorong tong fiber berisi ikan. Begitu juga sebaliknya saat mengangkut es, makanan, dan BBM saat boat hendak berlayar.

Selain membutuhkan dermaga, nelayan di kawasan ini juga membutuhkan fasilitas gudang untuk menyimpan alat dan perlengkapan melaut, seperti fiber, pukat, dan peralatan lainnya. Akibat tak ada gudang, perlengkapan nelayan pun berserakan. “Kami berharap pemerintah membangun dermaga dan gudang di lokasi ini, yang bisa dikembangkan menjadi tempat pelelangan ikan,” kata Muhammad Husen, mewakili nelayan lainnya yang biasa sandar di lokasi ini.

Nelayan di Sungai Raja Tuha, Muhammad Husen, mengaku di desa tetangga yang tak jauh dari lokasi mereka menambatkan boat, sudah ada dermaga yang dibangun pemerintah. Namun menurutnya, dermaga itu tidak cocok untuk sandar boat berkapasitas 9 GT.

“Memang ada dibangun dermaga di desa lain, namun hanya digunakan untuk boat sampan. Sementara untuk boat besar tidak cocok, dan kami lebih nyaman sandar di Sungai Raja Tuha. Karena lokasi yang tak jauh dari permukiman dan lebih aman dari pencurian,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika Pemkab Aceh Tamiang atau Pemerintah Aceh membangun dermaga untuk di kawasan ini, sejumlah boat berkapasitas besar milik nelayan kecamatan lain juga dipastikan akan sandar di Raja Tuha. Karena lokasinya strategis dan dekat dengan pasar. Sehingga memudahkan nelayan menjual ikan hasil tangkapan.(md)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help