SerambiIndonesia/

10 Orang Tewas, Ratusan Rumah Ludes Akibat Kebakaran Besar di California

Otoritas negara bagian telah mengumumkan darurat bencana kebakaran, terutama di tiga daerah produsen anggur.

10 Orang Tewas, Ratusan Rumah Ludes Akibat Kebakaran Besar di California
Ilustrasi kebakaran hutan.(ABC) 

SERAMBINEWS.COM - Lebih dari selusin titik kebakaran yang begitu cepat menjalar telah melanda negara bagian California, AS, sehingga 10 orang tewas dan ratusan rumah ludes.

Otoritas California, Senin (9/10/2017) waktu setempat, melaporkan, didorong tiupan angin berkecepatan 80 km per jam, kobaran api membuat lebih dari 20.000 orang dievakuasi.

Baca: 7 Hari Suami Meninggal, Janda di Aceh Jaya Ini Kembali Disusul Musibah Kebakaran Rumah

Dinas Kebakaran California mengatakan, sekitar 30.000 hektar lahan ludes terbakar, sebagaimana dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, Selasa ini.

Menurut kepolisian Sonoma County, California, ada tujuh kematian akibat kebakaran terbaru di wilayah itu. Keseluruhan ada 10 orang tewas karena sebelumnya sudah tiga orang tewas.

Sedikitnya 1.500 bangunan hancur akibat kebakaran tersebut. Otoritas negara bagian telah mengumumkan darurat bencana kebakaran, terutama di tiga daerah produsen anggur.

Ada 14 titik kebakaran skala besar yang melanda daerah Napa, Sonoma, dan  Yuba, sebagaimana dilaporkan Gubernur California, Jerry Brown. Tiga daerah itu berada di utara San Francisco Bay.

Baca: VIDEO: Gerak Cepat Petugas Padamkan Kebakaran Hutan, Ini Sebenarnya Cuma Simulasi Kok

Menurut koresponden AFP, terjadi sejumlah ledakan pipa gas dan tangki gas di daerah Santa Rosa yang dipicu kobaran api.

Sekitar 410 petugas kebakaran sedang bekerja untuk menjinakkan api Mendocino, kata juru bicara kepolisian setempat kepada televisi CBS.(*)

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help