SerambiIndonesia/

Arena Ban Layani Finish Balancing

Toko Model Arena Ban Bridgestone di Jalan Dr Mr T Mohd Hasan, Gampong Sukadamai, Batoh, Banda Aceh

Arena Ban Layani Finish Balancing

BANDA ACEH - Toko Model Arena Ban Bridgestone di Jalan Dr Mr T Mohd Hasan, Gampong Sukadamai, Batoh, Banda Aceh kini melayani finish balancing, yaitu penyetingan dalam kondisi ban dan velg terpasang dengan harga khusus Rp 75 ribu per roda.

Alat finish balancing ini juga dapat mendeteksi putaran ban yang melekat pada mobil, sebab sumber getaran pada saat mobil melaju kencang tidak hanya berasal dari ban saja, namun terkadang paduan antara ban dan velg tertentu yang tidak akur dengan body mobil.

“Jadi dalam hal ini finish balancing-lah jawabannya, apabila masih belum merasa puas dengan hasil balancing dan spooring,” kata Pemilik Toko Model Arena Ban, Azhari dalam rilis yang diterima Serambi, Rabu (11/10).

Azhari menjelaskan dengan finish balancing ini kendaraan yang melaju pada kecepatan diatas 100 km/jam tidak akan terasa bantingan atau getarannya. Azhari menjelaskan perbedaan antara balancing biasa dengan finish balancing, yaitu pada balancing biasa ban dan velg mobil dilepas lalu dilakukan putaran pada alat khusus dengan bantuan pemasakan sebilah timah-timah kecil. Sedangkan pada finish balancing penyetingan dilakukan dalam kondisi ban dan velg terpasang.

“Hanya saja tidak semua bengkel memiliki alat settingan finish balancing. Umumnya bengkel besar dengan spesialisasi khusus ban dan velg yang memilikinya,” katanya. Azhari menuturkan jika usia mobil sudah mencapai 1-2 tahun, hal pertama yang umum diingat adalah penggantian ban. Namun, dibalik keinginan untuk mengganti ban akan selalu diikutsertakan dengan penggantian velg. Dalam pergantian ban dan velg, pastinya akan satu paket dengan balancing dan spooring.

Hal itu dilakukan karena balancing akan membuat putaran ban mendapat hasil yang pas, sehingga tidak menimbulkan getaran yang biasanya dapat dirasa melalui steer. Sedangkan spooring berfungsi agar mobil dapat melaju lurus.

“Maksimal atau tidaknya hasil balancing dan spooring dapat ketahui dengan cara mencoba melaju di atas 120 km/jam pada jalanan lurus. Getaran kuat yang dihasilkan menandakan ketidaksempurnaan hasil balancing dan spooring yang telah dilakukan. Maka dalam hal ini diperlukan adanya finish balancing,” jelasnya.

Selain finish balancing, pihaknya juga melayani balancing dengan harga Rp 25 ribu/roda, sporing Rp 80 ribu- Rp 150 ribu berdasarkan jenis kendaraan. Untuk setiap jasa sporing akan di garansi kerja selama satu minggu setelah pengerjaan. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help