SerambiIndonesia/

Diusul PAW, Empat Anggota DPRK Pidie dari PA Melawan

Empat anggota DPRK Pidie dari Partai Aceh (PA) periode 2014-2019 diusul Pergantian Antarwaktu (PAW)

Diusul PAW, Empat Anggota DPRK Pidie dari PA Melawan
Anggota DPRK dari Partai Aceh, Iskandar MA (nomor satu dari kiri) dan Abdullah didampingi kuasa hukumnya, Muharramsyah SH menggelar komferensi pers di salah satu warung kopi di Sigli, Rabu (11/10). Komperensi pers tersebut terkait dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) empat anggota DPRK dari Partai Aceh Pidie. SERAMBI/M NAZAR 

SIGLI - Empat anggota DPRK Pidie dari Partai Aceh (PA) periode 2014-2019 diusul Pergantian Antarwaktu (PAW) berdasarkan surat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PA Pidie Nomor 003/DPW PA/Eks/IX/2017 tanggal 19 September 2017 yang ditandatangani Ketua DPW PA Pidie, H Sarjani Abdullah dan Sekretaris, Anwar Husen SPdI MAP.

Keempat anggota DPRK Pidie dari PA yang diusul PAW tersebut ternyata tidak terima usulan PAW karena menilai surat DPW PA Pidie cacat hukum.

“Klien kami sangat dirugikan. Kalau tidak dilakukan upaya hukum maka klien kami dinilai bersalah oleh publik. Yang sangat disayangkan klien kami tidak pernah dipanggil atau diberikan surat peringatan satu sampai tiga. Partai merupakan organisasi, jadi setiap keputusan tidak didasarkan pada suka atau tidak suka tetapi harus mengacu kepada mekanisme,” kata Muharramsyah SH selaku kuasa hukum keempat anggota DPRK Pidie dari PA yang diusul PAW tersebut.

Muharramsyah kepada Serambi, Rabu (11/10) mengatakan, keempat anggota DPRK Pidie dari PA yang diusul PAW berdasarkan surat DPW PA Pidie adalah Rosmini (Dapil 3), Munahasyah (Dapil 2), Iskandar MA eks Libya (Dapil 2), dan Abdullah atau Keuchik Lah (Dapil 5).

Muharramsyah didampingi rekannya, Iskandar dan Abdullah menyebutkan, surat putusan pemberhentian yang dikeluarkan DPW PA Pidie cacat hukum karena tidak dilampirkan putusan pengadilan yang menyatakan keempat anggota dewan itu dihukum penjara selama lima tahun lebih. Juga tidak ada lampiran surat dari Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRK Pidie, bahwa keempat anggota DPRK Pidie itu melakukan pelanggaran kode etik.

Kuasa hukum menambahkan, pemberhentian anggota DPRK Pidie bukan karena alasan diinginkan partai karena mereka dipilih langsung oleh rakyat, tidak ada korelasi dengan kepentingan partai.

Sekretaris DPW PA Pidie, Anwar Husen yang dihubungi Serambi, Rabu (11/10) mengatakan, pengusulan PAW terhadap empat anggota DPRK Pidie dari PA berdasarkan surat yang diterbitkan Dewan Pimpinan Aceh (DPA) PA Pusat.

Ditanya siapa nama yang akan menggantikan anggota DPRK Pidie dari PA yang akan di-PAW, mengenai itu, kata Anwar merupakan wewenang Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie. “KIP yang melakukan verifikasi terhadap nama-nama sesuai dengan urutan perolehan suara,” kata Anwar Husen.

Sekretaris DPRK Pidie, HA Hamid SH mengatakan, Pimpinan DPRK Pidie telah mengirimkan surat kepada KIP untuk memverifikasi nama-nama yang nantinya menggantikan anggota dewan yang di-PAW. “Keempat anggota DPRK Pidie dari PA yang diusulkan PAW itu tetap menerima gaji seperti biasa, sebelum turunnya SK pemberhentian dari gubernur,” ujar Hamid.

Ketua KIP Pidie, Ridwan SPd yang dikonfirmasi Serambi mengatakan, pihaknya telah memverifikasi surat Ketua DPRK Pidie menyangkut pergantian anggota DPRK Pidie dari PA. “Penentuan nama-nama pengganti diputuskan KIP melalui sidang pleno,” kata Ridwan.

Menurut KIP Pidie, Abdullah yang diusulkan PAW akan digantikan Syahrul Usman yang memperoleh 2.167 suara. Munahasyah digantikan M Ali Syah dengan memperolehan 1.704 suara. “Sebenarnya sesuai urutan perolehan suara di bawah Munahasyah adalah Fauzi M Nur. Tapi, yang bersangkutan telah diberhentikan dari kepengurusan PA seiring dengan jabatannya sebagai keuchik,” kata Ridwan.

Berikutnya adalah Rosmini yang akan digantikan oleh Zakaria yang memperoleh 3.070 suara dan Iskandar akan digantikan Ika Safrida dengan jumlah suara 1.188. “Nama-nama itu segera kita teruskan ke DPRK Pidie,” demikian Ridwan.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help