SerambiIndonesia/

Polisi Tangkap Penyelundup Sabu

Anggota Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, dibantu pihak Bea Cukai Aceh

Polisi Tangkap Penyelundup Sabu
Tim dari BNN Pusat, menangkap tiga terduga pembawa narkotika jenis sabu dan ribuan butir ektasi 

* Sita Sabu-sabu 30 Kg

LANGSA - Anggota Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, dibantu pihak Bea Cukai Aceh, Rabu (11/10) malam menggagalkan upaya penyelundupan 30 Kg sabu-sabu dan penangkap empat pelaku, dalam sebuah operasi penyergapan di perairan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Informasi diperoleh Serambi, sindikat narkoba ini merupakan jaringan Malaysia-Aceh-Medan yang sudah beroperasi secara terorganisir, sehingga operasi ini harus dilakukan langsung oleh tim dari Mabes Polri yang dipimpin AKBP Gembung Yudha.

Operasi penyergapan di laut ini dibagi dalam dua tim. Tim pertama menggunakan 1 unit Kapal Patroli Bea Cukai (BC) Provinsi Riau yang mengawasi pergerakan tersangka di jarak 15-30 mil laut. Sedangkan tim kedua dengan 1 unit kapal motor melakukan pengawasan di sekitar pantai kawasan Peureulak.

Pihak berwajib mengatakan, tersangka sudah dipantau sejak berada di Malaysia untuk menjeput sabu-sabu itu dengan tujuan penyelundupan melalui perairan Aceh Timur. Pengintaian di laut berlangsung dua hari, hingga petugas mendapat informasi boat 6 GT yang ditumpangi pelaku pengintaian, bergerak dari Malaysia pada Rabu (11/10).

Penyergapan pun dilakukan pukul 23.30 WIB di perairan Peureulak sekitar 27 mil dari pantai. Saat digeledah, aparat menemukan sekitar 30 Kg sabu-sabu yang terbungkus rapi. Seorang tersangka pun dilumpuhkan dengan tembakan pada betis karena melawan dan hendak melarikan diri.

Tim Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri bersama empat tersangka dan barang bukti, tiba di Pelabuhan Kuala Langsa sekitar pukul 05.30 WIB Kamis (12/10) subuh. Selanjutnya petugas bersama tersangka dan 30 Kg sabu-sabu itu terbang ke Jakarta melalui Bandara Kualanamu, Sumut.

Sementara, boat Dua Saudara yang dipakai pelaku untuk menjemput sabu-sabu itu, kini dititipkan di Pos Polair Polres Langsa, di kawasan Pelabuhan Kuala Langsa. Dari 4 tersangka yang ditangkap, baru diketahui dua nama. Yakni Sayuti (38) warga Kuala Idi, Aceh Timur dan Saleh (40) warga Aceh yang kini tinggal di Belawan, Sumut.

Kapolres Langsa, AKBP Satya Udha Prakasa SIK, yang dihubungi Serambi, Kamis (12/10) membenarkan ada penyergapan jaringan sabu-sabu lintasnegara di Perairan Peureulak, Aceh Timur oleh Tim Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri.

Namun untuk dua nama tersangka yang belum diungkap ke publik, Kapolres mengaku tidak mengetahuinya. “Pemberian keterangan resmi harus melalui Mabes Polri. Kami tidak berhak memberi keterangan,” katanya.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help