SerambiIndonesia/

Tafakur

Pemuasan Nafsu

Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama

Pemuasan Nafsu

Oleh: Jarjani Usman

“Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima taubat orang-orang yang bertaubat” (Muttafaqun ‘alaih).

Banyak orang luar merasa heran dengan negeri kita yang kaya raya dengan beragam hasil alamnya, tapi rakyatnya banyak yang miskin. Sedangkan di sebahagian negara lain, hasil alamnya sedikit, tetapi rakyatnya sejahtera. Kiranya keadaan ini tak terlepas dari adanya ketidak-adilan dan kecurangan dalam pembagian kekayaan negara. Sebahagian orang begitu banyak menguasai kekayaan negara, sedangkan sebahagian besar yang lain tidak. Itulah akibat upaya pemuasan nafsu.

Bukan hanya itu, umumnya setiap usaha untuk membangun negeri ini selalu membutuhkan perangkat-perangkat untuk pengawasan yang berlapis-lapis untuk menghindari kecurangan, sehingga menghabiskan biaya pengawasan yang begitu banyak. Meskipun demikian, kecurangan masih tetap terjadi, yang sebahagiannya malah melibatkan orang-orang yang sudah dianggap terpercaya untuk mengurus negeri ini. Ini juga tak terlepas dari upaya pemuasan hawa nafsu.

Bahkan tak jarang terjadi, orang-orang yang terlibat dalam kecurangan juga orang-orang yang telah memiliki kekayaan yang berlimpah. Hal ini kembali menunjukkan bahwa tak mungkin memuaskan hawa nafsu. Namundiingatkan bahwa hawa nafsu masih memungkinkan untuk dikendalikan, terutama dengan cara bertaubat dengan sebenar-benarnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help