SerambiIndonesia/

Aksi Peretas Merajalela, Ini 5 Tips Membuat Password yang Aman dan Tidak Mudah Dibbol

Merajalelanya aksi para peretas dalam membobol akun pengguna internet menuntut kita untuk lebih sadar akan keamanan identitas virtual.

Aksi Peretas Merajalela, Ini  5 Tips Membuat Password yang Aman dan Tidak Mudah Dibbol
BBC
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Pengguna Internet biasanya menggunakan password kata dan angka yang mudah diingat untuk mengamankan akunnya. Tapi ternyata, langkah tersebut bukanlah hal yang tepat.

Baru-baru ini, Seorang pakar internet mengungkap 10 jenis password yang bisa dibobol oleh peretas dalam hitungan detik. Dari data yang tersebar, ternyata jenis password dengan urutan angka menjadi yang lebih mudah dibobol, yakni sebesar 80 persen kemungkinannya.

Merajalelanya aksi para peretas dalam membobol akun pengguna internet menuntut kita untuk lebih sadar akan keamanan identitas virtual. Jika tidak, bersiaplah untuk untuk menjadi korban kejahatan cyber.

(Baca: Hacker Tak Selalu Jahat, Contohnya Pemuda 13 Tahun Asal Pakistan Ini)

Untuk menghindari hal tersebut, berikut lima tips membuat password yang aman dan tidak mudah dibbol, menurut ahli IT dari Home Office's Cyber Aware, seperti dikutip KompasTekno dari Daily Mail, Senin (23/10/2017).

1. Hindari aspek personal

Meski mudah diingat, menggunakan kata dan angka yang bersifat personal, atau berhubungan dengan kehidupan pengguna sehari-hari di internet seperti tanggal lahir, nama pasangan, nama peliharaan, dan alamat tempat tinggal bukanlah hal tepat.

Sebelum meretas akun, hacker akan terlebih dahulu menelusuri latar belakang calon korbannya. Keamanan akun Anda akan diretas dengan mudah oleh hacker. Itulah mengapa penggunaan password tipe ini tidak disarankan.

2. Hindari nomor berurut

Password dengan nomor urut seperti 1234567890, 11111, atau 987654321 kemungkinan berhasil dibobolnya sebesar 80 persen. Sistem kombinasi kode akan memudahkan password tipe ini dibobol. Hal paling aman adalah memilih angka secara acak dengan mengombinasikannya dengan huruf.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help