SerambiIndonesia/

Penyair Produktif Aceh D Keumalawati Tampil dalam "Hari Indonesia" di Rusia

D Kemalawati, salah seorang penyair terpenting dan produktif di Aceh, hadir di Rusia dalam rangka mengisi kegiatan "Hari Indonesia" di Tatarstan.

Penyair Produktif Aceh D Keumalawati Tampil dalam
net
D Keumalawati 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA --- Penyair Aceh, D Keumalawati berkesempatan membaca puisi di Kazan, Ibukota Provinsi Tatarstan, Rusia, pada 27-28 Oktober 2017 waktu setempat.

D Kemalawati, salah seorang penyair terpenting dan produktif di Aceh, hadir di Rusia dalam rangka mengisi kegiatan "Hari Indonesia" di Tatarstan.

Keumalawati membacakan dua puisi ciptaannya sendiri yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Rusia oleh penyair Rusia Victor Pogedaev.

(Baca: Buku Penyair Aceh Din Saja Terpilih Sebagai Pemenang Hari Puisi Indonesia 2017)

Melengkapi penampilannya, penyair D Keumalawati diiringi permainan musik Aceh.

Pentas "Hari Indonesia" di Tatarstan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian Aceh, antara lain Guel, Saman Gayo, Rapa-i Geleng, Ratoh Jaroe, serta pertunjukan musik Aceh.

Selain D Keumalawati, delegasi kesenian Aceh terdiri dari 12 penari dan pemusik. Mereka telah melakukan persiapan khusus untuk menyukseskan pertunjukan di Rusia.

Penyair D Kemalawati mengabarkan, delegasi kesenian Aceh tiba di Kazan, pukul 02.00 dini hari waktu setempat, setelah melakukan penerbangan panjang dari Cengkareng Jakarta, Doha, Moskow, dan Kazan.

"Semua anggota tim Alhamdulillah sehat meski begitu tiba di Moscow cuaca sangat dingin hingga 8 derajat celcius," ujar D Keumalwati mengabarkan kepada Serambinews.com di Jakarta.

(Baca: Ini Dua Penyair Perempuan Gayo yang Terbitkan Buku Puisi)

Tatarstan merupakan salah satu Provinsi paling maju di Rusia. Penduduknya mayoritas muslim. Kegiatan "Hari Indonesia" merupakan forum bisnis dan seni budaya.

Direncanakan tahun depan giliran delegasi kesenian Tatarstan akan berkunjung ke Aceh dan menggelar "Hari Tatarstan di Aceh." (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help