SerambiIndonesia/
Home »

Opini

Opini

Teungku Youtube

SAAT ini kita hidup di era serba canggih dengan perangkat teknologi komunikasi yang terus berkembang cepat

Teungku Youtube
Logo Youtube 

Oleh Arif Ramdan

SAAT ini kita hidup di era serba canggih dengan perangkat teknologi komunikasi yang terus berkembang cepat, melahirkan varian-varian terbaru setiap masanya. Keadaan ini, telah juga mengubah cara manusia bersapa, berkomunikasi, bicara satu sama lain.

Teknologi komunikasi menyebabkan banyak perubahan pada perilaku manusia, mulai dari gaya hidup, cara belajar, cara belanja, dan cara menuntut ilmu juga menemukan model baru di era seperti saat ini. Termasuk juga cara seseorang menemukan Tuhan-nya, bisa didapati via kecanggihan alat komunikasi seperti saat ini.

Mengirim pesan dan gagasan pun menemukan banyak cara, meninggalkan era konvensional menuju masa digital. Pesan komunikasi dikemas sedemikian rupa, sehingga penerima pun mendapat banyak pilihan pada kanal mana ia inginkan sebagai sarana informasi, edukasi, dan hiburan.

Penetrasi internet di Indonesia telah sangat memengaruhi berkembangnya pengguna sosial media di Tanah Air. Keadaan ini menemukan momentumnya manakala produsen telepon pintar, smartphone, berlomba menawarkan kemurahan dan kecanggihan fitur-fitur yang mendukung pengguna dalam berkomunikasi termasuk bersosial media.

Indonesia menempati posisi ke-4 sebagai negara pengguna Facebook terbanyak saat ini, dari peringkat tersebut Jakarta menempati urutan atas paling aktif sebagai kota di mana warganya memakai Facebook sebagai alat komunikasi di sosial media.

Data dunia bahkan mencatat lebih dari 3,8 miliar orang di seluruh dunia menggunakan internet. Tahun 2017 pengguna sosial media mencapai angka 2,9 miliar orang. Hootsuite, aplikasi media sosial yang aktif merilis data pengguna internet di dunia mencatat pengguna internet mengalami kenaikan dari 2016, di mana sebanyak 2,5 miliar netter mengakses informasi melalui perangkat ponsel.

Laporan WeAreSocial bertajuk Digital in 2017: Southeastasia menunjukan pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 106 juta pengguna aktif di mana Youtube menempati posisi sebagai media sosial paling aktif digunakan di Tanah Air. Disusul dengan WhatsApp, BBM, FB Mesengger, dan Line sebagai aplikasi pengirim pesan yang aktif digunakan orang Indonesia saat ini.

Pengguna sosial media terus menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun. Kehadiran sosial media telah digunakan sebagai cara jitu menyampaikan pesan dan ide ke sudut-sudut terkecil hingga pelosok negeri yang terjangkau akses internet. Siapa yang populer di mesin pencari (search engine), baik itu di Google maupun mesin pencari lainnya semisal Bing, Crawler, dan Ask akan dengan sangat mudah dikenali dan menguasai jagat maya.

Proses penguasaan jagat maya itulah yang saat ini didambakan semua netter dengan beragam isi pesan yang disampaikan. Di mesin pencari para pengamat, penjahat, penjilat, juga berlomba memasukan ide dan gagasan-gagasannya. Jika mereka bekerja keras, ide-ide merekalah yang nangkring pada papan atas mesin pencari.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help