SerambiIndonesia/

Tafakur

Perbedaan

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi

Perbedaan

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (QS. Ali ‘Imran: 190-191).

Sebagai hamba Allah, kita bukan hanya diajak untuk melihat persamaan, tetapi juga perbedaan. Pada perbedaan-perbedaan itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah. Misalnya, pada sidik jari seseorang yang berbeda dengan sidik jari orang lain di dunia ini. Itulah sebabnya sidik jari sering digunakan sebagai ganti tanda tangan dan untuk mengidentifikasi seseorang. Dan jika mau memikirkannya, sungguh itu akan menambah teguh iman kita kepada Allah.

Sebenarnya, bukan hanya itu ciptaan Allah yang berbeda di dunia ini, kalau kita mau berpikir dan mengadakan perjalanan jauh ke berbagai negara. Termasuk di antaranya warna kulit hamba-hamba Allah, yang sepatutnya kita jadikan itu sebagai pelajaran berharga dalam berkehidupan. Perbedaan-perbedaan itu jangan sampai membuat kita merasa lebih baik atau lebih mulia ketimbang yang lain.

Lagipula telah ditegaskan oleh Allah bahwa tak ada insan yang lebih baik di dunia ini kecuali yang lebih bertaqwa. Itu artinya, seseorang hamba menjadi lebih baik bukan karena dilahirkan, tetapi karena hasil usaha untuk menjalani hidup di jalan yang telah ditunjuki oleh Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help