UIN Ar-Raniry Rayakan Milad Ke-54

Keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Kamis (9/11) merayakan hari lahir (milad) ke-54

UIN Ar-Raniry Rayakan Milad Ke-54
Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA

BANDA ACEH - Keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Kamis (9/11) merayakan hari lahir (milad) ke-54 tahun di Auditorium Prof Ali Hasjmi UIN Ar-Raniry, Kopelma Darussalam. Kegiatan dalam rapat senat terbuka yang dipimpin Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA itu diikuti ribuan dosen, staf, mahasiswa, dan alumnus kampus tersebut.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA dalam sambutannya mengatakan, saat ini UIN terus berpacu menjadi perguruan tinggi keagamaan Islam terdepan di Indonesia. “UIN sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Sekarang sudah meningkat kualitasnya, bertambah pula jumlah mahasiswanya,” ujarnya.

Prof Farid menceritakan sejarah perjalanan panjang kampus yang sebelumnya berstatus IAIN tersebut. Dia mengatakan, sebelum IAIN lahir tepatnya pada tahun 1963, sebagian besar fakultas tunduk kepada IAIN yang berada di Pulau Jawa. “Setengah abad kemudian, IAIN Ar-Raniry berubah status menjadi UIN tepatnya empat tahun lalu,” katanya, dan menyebut Azwar Abubakar berkontribusi besar dalam perubahan itu.

Sementara Ketua Panitia Milad, Prof Dr Syamsul Rijal MAg mengatakan, pada kesempatan itu juga dibeikan piagam penghargaan kepada sejumlah nama yang telah mengharumkan nama kampus. Di antaranya ada 27 dosen berprestasi, 19 mahasiswa yang meraih medali di berbagai even, dan 6 tenaga kependidikan berprestasi di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Selain itu lanjutnya, Rektor juga memberikan “Ar-Raniry Award” kepada tiga PNS UIN Ar-Raniry yang telah berkarya maksimal dalam pelaksanaan Pionir ke VIII yaitu H Ahmad Syauqi SAg, Dr Sri Rahmi MA, dan Anton Setiabudi SPd MSn. Ar-Raniry Award juga diberikan kepada Dr Abdul Jalil Salam Mag, atas jasanya dalam melahirkan gagasan untuk kemajuan UIN Ar-Raniry.

Hadir dalam Milad kali ini mantan gubernur Aceh, Azwar Abubakar, Syaiba Ibrahim, Pangdam IM, Moch Fachruddin SSos, dan sejumlah tokoh UIN Ar-Raniry seperti Rahman Kaoy. Pada milad UIN juga menampilkan orasi ilmiah yang disampaikan Direktur Pascasarjana UIN, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, serta penampilan seni dari Sanggar Seni Seulaweut.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved