SerambiIndonesia/

Pendaftaran Panwascam Diperpanjang

Seiring berakhirnya masa pendaftaran pada Kamis (9/11), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota memperpanjang jadwal

Pendaftaran  Panwascam  Diperpanjang
Serambinews.com
Pengumuman KIP Pidie Jaya tentang Penyerahan Dokumen Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya Tahun 2018 

* Untuk Kecamatan yang tak Cukup Kuota

BANDA ACEH - Seiring berakhirnya masa pendaftaran pada Kamis (9/11), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota memperpanjang jadwal pendaftaran bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang tidak cukup kuota. Penambahan masa pendaftaran selama tiga hari atau hingga 12 November 2017.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh, Dr Muklir SH MAP kepada Serambi, Jumat (10/11), mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran hanya berlaku bagi kecamatan yang tidak mencukupi ambang batas minimal calon anggota Panwascam, yaitu sembilan orang.

“Sesuai dengan juknis rekrutmen Panwascam, bagi kecamatan yang tidak terpenuhi batas ambang minimal sebanyak sembilan orang, maka akan diperpanajng pendaftarannya. Tapi bagi kecamatan yang sudah terpenuhi batas minimal, tidak boleh diperpanjang lagi,” kata Muklir.

Apabila selama masa perpanjangan juga belum mencukupi batas minimal calon anggota Panwascam, maka akan direkrut sebanyak yang mendaftar, asalkan memenuhi persyaratan. “Kan tidak mungkin kita paksa orang yang tidak ada minat untuk daftar Panwascam,” ujar dia.

Muklir menjelaskan dari sembilan orang yang lulusseleksi, Panwaslu akan menyeleksi kembali hingga terpilihnya tiga orang anggota Panwascam untuk dilantik sebagai pengawas Pemilu 2019 di masing-masing kecamatan. Sementara tiga orang sisanya menjadi anggota cadangan Panwascam.

Namun demikian, Muklir menyampaikan bahwa hingga berakhirnya masa pendaftaran pada (9/11) antusias masyarakat Aceh mendaftar menjadi pengawas Pemilu 2019 sangat tinggi. Hanya beberapa kecamatan saja yang minat mendaftarnya masih minim.

Muklir juga menambahkan setelah seleksi administrasi selesai, peserta akan mengikuti ujian tulis dan tes wawancara. Dalam proses seleksi ini, masyarakat diberi ruang untuk menyampaikan masukan terhadap tiga peserta yang lulus sebelum ditetapkan sebagai anggota Panwascam.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help