SerambiIndonesia/

Tafakur

Menghargai Diri

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi

Menghargai Diri

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur” (QS. Al A’raf: 10).

Bilai mau diakui, sungguh kebanyakan kita tak mau menghargai diri sendiri. Hal ini bisa diamati atau direnungi dari cara hidup sehari-hari di dunia ini.

Pertama, waktu yang diberikan begitu banyak hingga 24 jam setiap hari yang dihargai. Misalnya, waktu yang ada tak digunakan untuk persiapan menuju kampung abadi akhirat. Padahal diingini atau tidak, setiap saat diri kita sebenarnya sedang menuju ke sana.

Kedua, sumber penghidupan berupa harta, misalnya, yang banyak digunakan bukan untuk bekal di akhirat kelak. Padahal harta yang sesungguhnya adalah yang bisa membantu kehidupan abadi di sana. Namunharta banyak digunakan orang untuk melakukan kemungkaran, seperti untuk menyombongkan diri dan menyogok.

Ketiga, akal pikiran yang tak sedikit digunakan untuk hal-hal yang negative. Hingga seorang yang sudah berpendidikan tinggi pun masih belum mau beralih dari berbuat zalim dengan pikirannya.

Keempat, tenaga fisik juga banyak disalahgunakan untuk hal-hal yang tak bermanfaat untuk kehidupan akhirat. Padahal setiap keringat yang menetes akibat melakukan kebaikan akan dihargai dengan pahala.

Singkatnya, semua penyalahgunaan itu menunjukkan bahwa kita tak menghargai apa yang telah diangerahkan Allah. Dengan kata lain, kita lalai dalam bersyukur dan tak sadarkan diri dalam menuju akhirat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help