SerambiIndonesia/

DJPB Aceh Adakan Rakor

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Aceh, Senin (13/11) mengadakan rapat koordinasi

DJPB Aceh Adakan Rakor
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Aceh, Senin (13/11) mengadakan rapat koordinasi (rakor) pengelolaan keuangan Provinsi Aceh, di Amel Convention Hall, Banda Aceh. Kegiatan itu dibuka Gubernur Aceh yang diwakili Asisten III Setda Aceh, Saidan Nafi.

Dalam sambutannya, Saidan berharap pembahasan APBK 2018 di semua kabupaten/kota dapat selesai di awal tahun. Hal tersebut dimaksudkan agar pembangunan berjalan lebih cepat. “Ketepatan waktu dalam penetapan APBK sangat berpengaruh terhadap penilaian BPK untuk laporan keuangan pemerintah daerah,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Aceh pada triwulan ke-3 tahun ini sebesar 4,78 persen. Angka itu meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 4,10 persen. “Pertumbuhan itu lebih banyak ditopang oleh usaha pertanian yang menjadi sektor unggulan kita dengan kontribusi 29,52 persen terhadap PDBR Aceh,” sebutnya.

Pada bagian lain Saidan mengatakan, mulai tahun ini, DAK fisik dan dana desa sudah disalurkan melalui KPPN di daerah. Untuk Aceh, dana itu disalurkan melalui tujuh KPPN yaitu Banda Aceh, Lhokseumawe, Meulaboh, Langsa, Takengon, Tapaktuan, dan KPPN Kutacane.

Hingga kini, total DAK Fisik yang sudah tersalurkan di seluruh Aceh Rp 1,95 triliun dari Rp 2,36 triliun atau 82,77 persen.

Sedangkan dana desa 2017 sudah disalurkan Pusat ke rekening pemerintah daerah Rp 3,12 triliun (63,75 persen) dari total dana desa untuk Aceh Rp 4,89 triliun.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh, Zaid Burhan Ibrahim menyampaikan, rakor itu digelar dalam rangka mempererat hubungan instansi pemerintah pusat di daerah dengan pemerintah daerah, serta instansi lain dalam pengelolaan keuangan di Aceh. Melalui kegiatan ini, ia berharap akan muncul kesepahaman dalam meningkatkan koordinasi dan hubungan antara instansi vertikal dan pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada kabupaten/kota yang sudah berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tinggi.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help