BKKBN Fokus Laksanakan Pendidikan Pranikah

Pendidikan pranikah akan menjadi salah satu fokus Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

BKKBN Fokus Laksanakan Pendidikan Pranikah
bkkbn.go.id
Logo Bkkbn. 

BANDA ACEH - Pendidikan pranikah akan menjadi salah satu fokus Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh pada tahun 2018.

Hal itu disampaikan Kepala BKKBN Perwakilan Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd pada konferensi pers program Kependudukan, Keluarga Berencanam dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Banda Aceh, kemarin. Turut hadir Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi (Adpin), Faridah SE MM dan Kabid Pengendalian Penduduk (Dalduk), Irma Dimyati SE MSi.

Untuk menyukseskan program tersebut, menurut Sahidal, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Aceh untuk dibekali.

Ia juga berharap seluruh kabupaten/kota di Aceh melahirkan aturan agar tiap calon pengantin yang mengajukan pernikahan terlebih dulu mengikuti pendidikan pranikah yang disusun oleh ulama-ulama di Aceh.

“Kita ingin mengadop seperti Malaysia, sebelum menikah harus kursus dulu. Jadi, keluarga berencana itu memang harus benar-benar direncanakan, karena kalau persiapan tidak matang, ujungnya coba-coba,” ujar Sahidal.

Ditambahkan, program prioritas selanjutnya adalah membentuk Kampung KB di seluruh kecamatan di Aceh. Saat ini, sebutnya, Kampung KB yang sudah terbentuk baru sekitar 50 persen.

Kabid Adpin, Faridah SE MM, menyebutkan di Aceh kini sudah terbentuk 129 Kampung KB. “Masalah dalam pembentukan Kampung KB karena masih kurangnya koordinasi lintas sektor terkait. Di Aceh juga masih sensitif dengan bahasa KB, karena ada yang beranggapan bahwa BKKBN hanya mengurus KB,” ujarnya.

Sementara Kabid Dalduk, Irma Dimyati mengatakan, bidangnya akan melaksanakan grand desain kependudukan, pendidikan kependudukan, pojok kependudukan, Rumah Data Ku, dan program lainnya. (rel/jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved