SerambiIndonesia/

Dugaan Sementara, Ini Penyebab Kematian Empat Ikan Paus

Begitupun, penyebab utama kematian empat dari sepuluh paus sperma itu masih menjadi teka-teki.

Dugaan Sementara, Ini Penyebab Kematian Empat Ikan Paus
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Ratusan warga melihat proses penguburan bangkai paus yang mati di bibir pantai Ujong Kareueng, Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Selasa (14/11/2017). Empat dari 10 ekor paus yang terdampar, Senin (13/11/2017) kemarin, mati dan dikuburkan di pantai tersebut. 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Empat ekor paus dewasa (dua jantan, dua betina) berumur di atas 50 tahun yang mati setelah terdampar di pantai Desa Durung, Kemukiman Lamnga, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (13/11/2017) pagi, sudah dikuburkan di pinggir pantai itu, Selasa (14/11/2017) sore.

Begitupun, penyebab utama kematian empat dari sepuluh paus sperma itu masih menjadi teka-teki.

Baca: Kawanan Paus Terdampar Pertanda Apakah Ini?

Tim dokter dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala melakukan autopsi bangkai paus yang mati di bibir pantai Ujong Kareueng, Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Selasa (14/11/2017). Empat dari 10 ekor paus yang terdampar, Senin (13/11/2017) kemarin, mati dan dikuburkan di pantai tersebut.
Tim dokter dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala melakukan autopsi bangkai paus yang mati di bibir pantai Ujong Kareueng, Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Selasa (14/11/2017). Empat dari 10 ekor paus yang terdampar, Senin (13/11/2017) kemarin, mati dan dikuburkan di pantai tersebut. (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

Para akademisi dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH) maupun Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unsyiah sudah berupaya untuk mencari jawabannya.

Caranya dengan mengambil beberapa sampel organ tubuh paus itu untuk diteliti.

"Kalau sudah diteliti nanti di lab, insyaallah akan terjawab penyebab kematiannya," kata Dekan FKP Unsyiah, Prof Dr Adlim MSc menjawab Serambinews.com, Rabu (15/11/2017) pagi di Darussalam, Banda Aceh.

Baca: MENGHARUKAN! Ini Foto-foto Autopsi dan Penguburan Bangkai Paus

"Ya kita tunggulah hasil penelitiannya. Itu jawaban yang paling akurat nantinya," kata Prof Adlim.

Sedangkan dugaan sementara penyebab kematian empat paus itu, menurut Adlim, paling mungkin ya karena paus-paus itu sudah lama terdampar di perairan dangkal tanpa makanan, kepanasan oleh terik matahari, dan menghirup banyak pasir pantai.

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help