SerambiIndonesia/

Terpapar Gelombang Sonar, Kawanan Paus Hilang Arah

TERDAMPARNYA kawanan paus ke Pantai Ujong Kareung, Desa Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar

Terpapar Gelombang Sonar, Kawanan Paus Hilang Arah
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Ratusan warga melihat proses penguburan bangkai paus yang mati di bibir pantai Ujong Kareueng, Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Selasa (14/11/2017). 

TERDAMPARNYA kawanan paus ke Pantai Ujong Kareung, Desa Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar diduga ada kaitan dengan aktivitas pengeboran lepas pantai di jalur satwa tersebut bermigrasi.

Perkiraan itu disampaikan aktivis Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Amang Raga yang selama ini konsen mengamati paus. “Dugaan saya, saat kawanan paus itu sedang bermigrasi dari satu perairan ke perairan lain, mereka terkena radiasi gelombang sonar dari perusahaan pengeboran lepas pantai,” kata Anang kepada Serambi, Selasa (14/11) di lokasi terdamparnya 10 paus di Ujong Kareung.

Menurut Anang, berdasarkan data yang diperoleh pihaknya, saat ini di bagian barat perairan Aceh sedang ada aktivitas uji seismik oleh perusahaan pengeboran, yaitu satu kapal dari Indonesia dan satu kapal lainnya dari India. Kedua kapal itu merupakan milik perusahaan pengeboran lepas pantai.

Uji seismik dilakukan untuk menentukan titik pengeboran dengan menembakkan gelombang sonar. Namun gelombang yang digunakan untuk seismik sama dengan gelombang yang digunakan paus.

“Saat gelombang itu ditembakkan, kemudian ada kawanan paus yang melintas, maka sonarnya terganggu dan sistem navigasi mereka kacau. Terganggu sonar juga menyebabkan badan paus kesakitan,” ujar Amang Raga.

Selain dugaan karena terkena gelombang sonar, juga ada ada temuan jamur yang menjangkiti tubuh paus yang mati. Ini juga menjadi faktor penyebab terdamparnya paus karena sakit dan kehilangan arah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo menyebut, dari pemeriksaan tim dokter saat morfometri (pengukuran struktur tubuh), hampir semua bagian tubuh paus terserang jamur. Sehingga bakteri pada jamur itu telah memasuki tubuh paus dan menyebabkan dagingnya membusuk. Penyakit itu juga diduga sebagai salah satu penyebab paus terdampar.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help