SerambiIndonesia/

Jual Mobil Listrik, Toyota Motor dan Suzuki Motor Saling Bekerja Sama

Mereka punya tujuan saling memberi keuntungan di pasar negara berkembang dan teknologi kendaraan rendah emisi.

Jual Mobil Listrik, Toyota Motor dan Suzuki Motor Saling Bekerja Sama
Kompas.com
Nikkei Akio Toyoda, Presiden Toyota (kiri) dan Osamu Suzuki, Chairman Suzuki Motor (kanan), di sela-sela konferensi pers, Rabu (12/10/2016). 

SERAMBINEWS.COM, TOKYO - Toyota Motor dan Suzuki Motor akan saling bekerja sama, untuk menjual kendaraan listrik di India sekitar 2020.

Mereka punya tujuan saling memberi keuntungan di pasar negara berkembang dan teknologi kendaraan rendah emisi.

Pengumuman tersebut muncul usai kedua perusahaan asal Jepang tersebut sepakat pada bulan Februari dan Oktober lalu, untuk bertukar keahlian di bidang penyediaan barang, penelitian dan pengembangan, mengutip Reuters, Minggu (19/11/2017).

(Baca: Mobil Listrik Ini Siap Gebrak Pasar Dunia, Tunggu Kedatangannya)

Kemitraan ini tentu bisa membantu Toyota untuk berkembang di pasar mobil besar India, yang konsumennya lebih memilih jenis kendaraan kompak dengan harga yang terjangkau, di mana Suzuki memiliki keunggulan.

Pada gilirannya, Suzuki juga bakal kecipratan teknologi mahal milik Toyota seperti otonomos atau self driving car, artificial intelligence (kecerdasan buatan), serta kendaraan dengan emisi rendah.

Pada pernyataan yang dikeluarkan kedua perusahaan, secara teknis Suzuki akan memproduksi kendaraan listrik dan memasok ke Toyota, di mana bakal memberikan dukungan teknis terhadap produk tersebut.

(Baca: Hanya Tunggu Regulasi, BMW Siap Pasarkan Mobil Listrik i3 di Indonesia, Berminat?)

Suzuki sendiri memegang lebih dari 40 persen pasar India, di mana menjadi salah satu pasar yang akan terus tumbuh ke depannya.

Namun, penjualan mobil kecil dengan margin rendah, tidak cukup untuk menutupi biaya penelitian dan pengembangan Suzuki, maka dari itu membutuhkan rekan yang akan menolongnya seperti Toyota

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help