Ketua KPA Meulaboh Diganti

Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Meulaboh akhirnya resmi diganti. Ketua KPA Pusat, Muzakir Manaf menunjuk

Ketua KPA Meulaboh Diganti

* Mualem Tunjuk Samsul Bahri Gantikan Jauhari

BANDA ACEH - Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Meulaboh akhirnya resmi diganti. Ketua KPA Pusat, Muzakir Manaf menunjuk Samsul Bahri sebagai pengganti Jauhari. Pergantian tersebut tertuang dalam surat pengangkatan nomor 06/KPA/XI/2017 tanggal 15 November 2017, yang ditandatangani langsung oleh Muzakir Manaf.

“Ulon njang nan Muzakir Manaf, jabatan sibagoe Keutuha Komite Peuralehan Atjeh (KPA) Pusat, nibak uroe njang mulija njoe ulon angkee Samsul Bahri, jabatan sibagoe Keutuha Komite Peuralehan Aceh Atjeh (KPA) Wilayah Meulaboh (Saya yang bernama Muzakir Manaf, jabatan sebagai Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, pada hari yang mulia ini saya angkat Samsul Bahri, jabatan sebagai Ketua KPA Wilayah Meulaboh),” bunyi surat tersebut yang salinannya diperoleh Serambi, Minggu (19/11).

Mualem, sapaan Muzakir Manaf, dalam surat itu juga menyebutkan bahwa pengangkatan Samsul Bahri sebagai Ketua KPA Meulaboh berlaku sejak surat pengangkatan itu ditandatangani. “Surat angkee njoe neupejak buet mulai surat njoe meutanda djaroe sampoe meujo na keuliru tapeubeutoi lagee njang patot (Surat pengangkatan ini berlaku sejak ditandatangani sampai jika ada kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya),” tulisnya.

Mualem juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jauhari, karena telah memimpin dan menjalankan tugas sebagai Ketua KPA Meulaboh.

Untuk diketahui, Jauhari menjabat sebagai Ketua KPA Meulaboh sejak Juli 2014, menggantikan posisi Yusaini alias Abu Yus. Belakangan, muncul desakan dari sejumlah pihak agar Ketua KPA Meulaboh diganti.

Tapi Mualem dengan tegas menolak desakan pergantian itu. Ia menegaskan bahwa jabatan Ketua KPA Meulaboh masih dipercayakan kepada Jauhari selaku panglima wilayah.

“Jadi sudah jelas, Panglima KPA wilayah Aceh Barat masih dijabat oleh Jauhari. Jangan lagi ada pihak yang berusaha mengutak-atik,” tegas Muzakir Manaf saat singgah di Aceh Barat, 12 Oktober 2017 kemarin.

Hanya berselang dua bulan, KPA Pusat tiba-tiba mengeluarkan surat pengangkatan Samsul Bahri sebagai Ketua KPA Meulaboh. Informasi yang diperoleh Serambi, pergantian ini dilakukan karena ketua yang lama, Jauhari, mengundurkan diri.

Atas pengunduran diri Jauhari, pihak KPA Meulaboh melakukan rapat dan selanjutnya mengusulkan empat nama calon pengganti kepada Mualem. Mereka adalah, Yusaini alias Abu Yus, Idrus, Darwin, dan terakhir Samsul Bahri. Dari empat nama itu, Mualem menjatuhkan pilihannya kepada Samsul Bahri.

Mantan Ketua KPA Meulaboh, Jauhari, saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa ia memang telah mengundurkan diri dari jabatannya. Sikap tersebut ia ambil murni atas keputusannya sendiri, tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

“Saya memang telah mengundurkan diri. Keputusan ini saya ambil setelah melalui pertimbangan yang sangat matang demi berlanjutnya kaderisasi di tubuh KPA. Jadi saya mundur bukan karena ada persoalan,” jelas Jauhari saat dihubungi Serambi, Minggu (19/11).

Meski tak lagi menjabat sebagai Ketua KPA, ia memastikan akan tetap bekerja dan mengabdikan diri untuk membesarkan Partai Aceh.

Jauhari juga menyampaikan terimakasihnya kepada pimpinan KPA Pusat dan para pengurus dan anggota KPA Meulaboh. “Mohon maaf apabila selama saya memimpin ada kesalahan. Semoga KPA Meulaboh tetap kompak dan bersatu,” demikian Tgk Jauhari.(yos)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help