SerambiIndonesia/

Tafakur

Komplikasi Penyakit

Bila ada orang yang tiba-tiba sakit saat diketahui kejahatannya, itu bukanlah hal yang aneh

Komplikasi Penyakit

Oleh: Jarjani Usman

“Jadilah kamu seorang qanaah, nanti kamu akan menjadi orang yang paling bersyukur kepada Allah” (HR. al-Baihaqi).

Bila ada orang yang tiba-tiba sakit saat diketahui kejahatannya, itu bukanlah hal yang aneh. Bahkan sebenarnya yang bersangkutan sudah lama mengidap penyakit. Saat di hatinya muncul niat melakukan kejahatan dan melaksanakan niatnya, itu pertanda ada yang tak beres dalam dirinya. Ia sudah dihinggapi berbagai penyakit atau sudah mengalami komplikasi, mulai dari penyakit lupa, penyakit serakah, hingga penyakit mengadopsi kebiasaan binatang.

Disebut penyakit lupa karena telah melupakan mana haknya yang sepatutnya dan mana hak orang lain. Penyakit suka menyorobot hak orang lain ini tak akan dilakukan oleh orang-orang yang menjunjung tinggi ajaran agama Islam yang disampaikan melalui Rasulullah SAW.

Penyerobotan hak orang lain juga berarti serakah, yang oleh para ulama menyebutnya sebagai suatu jenis penyakit hati. Orang-orang yang berhati sehat hanya akan mengambil haknya, sedangkan hak orang lain diberikan kepada yang berhak. Lagipula, mengambil hak orang lain bisa merusak diri sendiri, seperti membinasakan iman dan merusak amal.

Di samping itu, penyerobotan hak orang lain berarti sudah memiliki kecenderungan mengadopsi perilaku binatang. Hal itu akan dilakukan kecuali oleh orang-orang yang hidup di jalan yang sudah ditunjuki Allah. Yaitu hidup qanaah, merasa cukup dengan apa yang sudah diberikan Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help