Satu Dinas di Abdya Dihapus, Enam Digabung Jadi Tiga, Kenapa?

Usulan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup), Muslizar MT dalam rapat paripurna pembukaan di Gedung DPRK, Senin (20/11/2017).

Satu Dinas di Abdya Dihapus, Enam Digabung Jadi Tiga, Kenapa?
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
ILUSTRASI, Seluruh keuchik di Kabupaten Abdya berjumlah 152 orang berfoto bersama dengan Kajari Abdya, Abdi Kadir, Wakil Bupati, Muslizar MT, Kepala DPMP4, Ruslan Adly, pejabat mewakili Inspektorat, Camat Blangpidie, usai acara pembukaan sosialisasi dana desa dan TP4D yang dilaksanakan Kejari Abdya di kantor kejari setempat, Kamis (24/8/2017). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Barat Daya (Abdya) yang berjumlah 43 akan berkurang menjadi 39 dinas. 

Satu dinas dihapus dan enam dinas lainnya diusul gabung menjadi tiga dinas. Usulan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup), Muslizar MT dalam rapat paripurna pembukaan di Gedung DPRK, Senin (20/11/2017).

Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli memimpin Rapat paripurna pembukaan pembahasan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) Anggaran 2018 dan pembukaan pembahasan rancangan qanun (ragan) tentang perubahan atas Qanun Nomor 8/2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat kabupaten setempat.   

Baca: Ini Data Lengkap Empat Pelaku Pelecehan Seksual yang Dihukum Cambuk di Abdya

Wabup Abdya, Muslizar MT dalam pidatonya mengusulkan satu SKPK dihapus, yaitu Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfo dan Persandian). Selanjutnya, tugas pokok dan fungsinya akan dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Abdya.

Sedangkan enam SKPK yang diusulkan gabung menjadi tiga adalah Dinas Pendidikan (tipe B) digabung dengan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (tipe C) menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ditingkat menjadi tipe A.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (tipe B) digabung dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (tipe B) menjadi Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (tipe B).

Dan, Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Dayah digabung menjadi Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya.

Wabup Abdya pada kesempatan itu juga mengusulkan dua SKPK ditingkatkan tipe-nya. Dinas Pertanian dan Pangan, semula tipe B menjadi tipe A, dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dari tipe C menjadi tipe B.  

Wabup Muslizar MT menjelaskan, 43 SKPK Abdya dibentuk berdasarkan Qanun Nomor 8/2016. Namun, dalam perkembangannya, layaknya sebuah organisasi, keberadaan perangkat kabupaten harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan masyarakat.

Sehingga tugas utama pemerintah kabupaten untuk melayani rakyat dapat dilaksanakan dengan maksimal.

“Untuk itu diperlukan perubahan terhadap Qanun Nomor 8/2016. Adapun usulan perubahan itu dilakukan berdasarkan hasil kajian,” kata Wabup Abdya. (*)      

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved