SerambiIndonesia/

Advertorial

Kerja Sama Lintas Sektoral

mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat

Kerja Sama Lintas Sektoral
IST
SEKRETARIS Daerah Aceh Drs Dermawan MM menyerahkan penghargaan puskesmas berprestasi kategori Perkotaan dan Pedesaan serta Pukesmas Asman Toga dan Akupressure tingkat provinsi tahun 2017, dan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan se-Aceh pada peringatan HKN ke-53 di halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin ( 13/11). 

Sesuai Peraturan Menkes Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan, terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan kabupaten/kota yang pencapaiannya harus 100%. Sebagian besar indikator SPM Bidang Kesehatan beririsan dengan 12 Indikator Keluarga Sehat. Terdapat 8 Indikator Keluarga Sehat terkait dengan indikator SPM dan hanya 4 Indikator Keluarga Sehat saja yang tidak terkait dengan SPM, yaitu merokok, jamban sehat, akses terhadap air bersih, dan anggota JKN. Sehingga jika pendekatan keluarga ini dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan akan meningkatkan capaian SPM bidang kesehatan di kabupaten/kota. Hal ini dapat digunakan sebagai media advokasi kepada kepala daerah untuk mendukung pendekatan keluarga ini.

Baca: Budayakan Perilaku Hidup Sehat

Selain penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Oleh karena itu, Kemenkes mendorong terlaksananya Germas. "Dengan Germas, kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat," kata Menkes.
Dengan mendorong program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas, pemerintah berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.(*)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help