SerambiIndonesia/

Advertorial

Sukseskan Program Prioritas

Peringatan HKN ke-53 kali ini berlangsung meriah. Sebelum peringatan puncaknya yang berlangsung pada Senin (13/11) kemarin

Sukseskan Program Prioritas
IST
Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Aceh

Peringatan HKN ke-53 kali ini berlangsung meriah. Sebelum peringatan puncaknya yang berlangsung pada Senin (13/11) kemarin, sejumlah kegiatan telah dilangsungkan. Pada tingkat nasional, kegiatan pra-HKN ini bahkan telah dimuali sejak 14 Oktober, yakni tour bersepeda. Di Aceh, kegiatan pra-HKN sudah dimulai sejak beberapa hari lalu seperti Senam HKN Bersama, Tenis Eksekutif, dan kegiatan lainnya. Di hari puncaknya, Senin kemarin, dilangsungkan sejumlah kegiatan seperti donor darah, screening kesehatan penyakit tidak menular, hingga makan buah bersama.

"Pak Gubernur sudah menetapkan bahwa bidang kesehatan menjadi prioritas utama. Pelaksana paling depan di sektor ini adalah petugas kesehatan. Oleh karena itulah diharapkan kerja kerasnya untuk meningkatkan akses, mutu, dan pelayanan yang lebih mudah."

Baca: Kerja Sama Lintas Sektoral

Pemeriksaan kesehatan gratis setelah peringatan upacara tersebut diikuti banyak kalangan. Berlangsung di lantai dasar kantor Gubernur Aceh, peserta antre menunggu diperiksa. Sebagian besar merupakan jajaran pegawai di lingkungan pemerintah Aceh. Sebagian lainnya masyarakat umum. Menurut panitia, parameter yang diperiksa yakni tinggi badan dan berat badan untuk melihat obesitas, tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, hingga pemeriksaan aspek kesehatan jiwa plus konseling.
Dalam paparannya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif mengatakan, ada tiga gerakan masyarakat saat ini yang penting dilakukan. Pertama, Hanif mengajak jajaran petugas kesehatan di kabupaten/kota untuk membiasakan aktivitas fisik, minimal 30 menit setiap hari. "Terapkan di kabupaten/kota masing-masing," tandasnya di hadapan peserta rapat koordinasi kesehatan dari seluruh Aceh, kemarin.
Program kedua, melakukan cek kesehatan secara rutin. Ini perlu dilakukan untuk mendorong masyarakat agar sadar akan kesehatan dirinya. Pengecekan bisa dilakukan ke fasilitas kesehatan terdekat. Ketiga, membudayakan masyarakat memakan sayur dan buah-buahan. "Ini menjadi prioritas program Germas tahun 2017 dan 2018," kata Hanif.

Baca: Budayakan Perilaku Hidup Sehat

Selain itu, ada juga program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Saat ini sebanyak 203 Puskesmas telah dilatih dan diharapkan bisa melaksanakan program ini dengan baik. "Kita menuntut supaya petugas yang sudah dilatih bisa mengajak teman-temannya di Puskesmas, karena yang kita latih cuma lima. Kita berharap mereka menjadi motor bagi yang lain," tandasnya.
Kecuali itu, Hanif menjelaskan bahwa pemerintahan Irwandi Yusuf -Nova Iriansyah
menjadikan sektor kesehatan sebagai prioritas utama. "Pak Gubernur sudah menetapkan bahwa bidang kesehatan menjadi prioritas utama. Pelaksana paling depan di sektor ini adalah petugas kesehatan. Oleh karena itulah diharapkan kerja kerasnya untuk meningkatkan akses, mutu, dan pelayanan yang lebih mudah," tandasnya. (*)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help