SerambiIndonesia/
Home »

News

» Sains

Dokter Indonesia Temukan Tanda-tanda dan Pemicu Kanker, Dapat Penghargaan Dunia

Agus menyebutkan, gejala awal kanker nosafaring antara lain sering mimisan, hidung tersumbat, nyeri kepada, telinga berdenging.

Dokter Indonesia Temukan Tanda-tanda dan Pemicu Kanker, Dapat Penghargaan Dunia
IST
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM, SINGAPURA - Tim dokter Indonesia mendapatkan penghargaan Best Poster untuk kategori kanker kepala dan leher dalam acara Eropean Society for Medical Oncology (ESMO) Asia 2017.

Best Poster tersebut merupakan hasil penelitian yang berlangsung selama 2007 hingga 2016.

Agus Fitriyanto Achmad, Susanna Hilda Hutajulu, dan Johan Kurnianda menemukan cara sederhana untuk mengetahui penanda bilogis (biomarker) pada kanker karsinoma nasofaring.

Dari hasil penelitiannya, dokter dapat menilai prognosis (prediksi harapan hidup) pasien dengan memangkas biaya dan peralatan yang mahal.

“Sekarang kan banyak biomarker untuk kanker itu kan pemeriksaannya mahal. Cara ini kan relatif mudah karena hanya diperiksa darah,” kata Agus di Suntec Convention Center, Singapura, Jumat (18/11/2017).

Agus Fitriyanto Achmad berdiri di depan posternya yang mendapat penghargaan Best Poster dari Eropean Society for Medical Oncology (ESMO) Asia 2017.
Agus Fitriyanto Achmad berdiri di depan posternya yang mendapat penghargaan Best Poster dari Eropean Society for Medical Oncology (ESMO) Asia 2017. (Kompas.com)

(Baca: Kekurangan Vitamin Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin)

Sel darah putih berfungsi sebagai bentuk pertahanan tubuh. Jenis-jenisnya antara lain neutrofil, limfosit, monosit, basophil, dan eosinophil.

Agus yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam mengatakan, neutrofil dapat dirangsang oleh sel tumor untuk mengeluarkan zat yang bersifat pro-tumor.

Dampaknya, tumor dapat semakin berkembang dan memfasilitasi terjadinya metastasis.

Sementara limfosit berfungsi sebagai pembunuh sel tumor.

Halaman
123
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help