SerambiIndonesia/

Tafakur

Kualitas Hari Ini

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang salih

Kualitas Hari Ini

Oleh Jarjani Usman

“Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang salih dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Rabb-nya” (QS. Al Kahfi: 110)

Kualitas hidup kita tak terlepas dari kualitas hari-hari yang dilalui. Hal ini menuntut upaya untuk menjaga kualitas hidup setiap hari. Sebagaimana kata orang bijak, hari-hari kemarin telah menjadi sejarah, hari-hari yang akan datang masih misteri, sedangkan hari ini adalah hadiah. Dengan demikian, penting memaksimalkan hari ini untuk memperbaiki kualitas hidup.

Tidak bisa mengukur kualitas hari ini dengan hasil atau jumlah uang yang diraih. Apalagi uang kadangkala diperoleh dari proses yang berdosa. Karena itu, perlu diukur kualitas proses kerja. Jika prosesnya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang ikhlas, akan diberikan pahala berlimpah dan berlipat ganda oleh Allah, yang tentunya lebih besar maknanya dari uang yang diperoleh.

Proses kerja akan terjamin kualitasnya bila senantiasa merasa ada Allah yang mengawasi kerja. Perasaan seperti itu akan membuat kita serius, tepat waktu, mengutamakan kualitas produk atau jasa, belajar dari setiap kesalahan, dan menjauhi yang dilarang. Demikian juga dengan ibadah, yang memerlukan proses yang berkualitas sebagaimana tuntunan Nabi SAW agar diterima dan diberikan pahala oleh Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help