Di Abdya, Baru Satu Keuchik yang Laporkan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahap I

"Padahal, pertanggung jawaban sangat mendesak dan wajib dilaksanakan. Bila tidak, anggaran desa tahap II tidak bisa dicairkan," kata Ruslan Adly.

Di Abdya, Baru Satu Keuchik yang Laporkan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahap I
KOLASE/SERAMBINEWS.COM

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBNINEWS.COM, BLANGPIDIE - Dari 152 desa/gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), baru satu keuchik yang melaporkan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap I 2017.

Demikian antara lain disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Ruslan Adly kepada Serambinews.com, Jumat (24/11/2017).

"Padahal, pertanggungjawaban sangat mendesak dan wajib dilaksanakan. Bila tidak, anggaran desa tahap II tidak bisa dicairkan," kata Ruslan Adly.

(Baca: Rp 1,7 Triliun Dana Desa Terancam Mati)

(Baca: Rp 22, 2 M Dana Desa Bagi 68 Gampong di Lhokseumawe belum Cair, Ini Penyebabnya)

Sebab, Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Tapaktuan sudah mentransfer anggaran desa tahap II sebesar Rp 43,4 miliar ke kas daerah Abdya.

Ruslan Adly menjelaskan, para keuchik di Abdya sudah berulang kali diminta segera melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahap I.

Sebab, setiap laporan pertanggungjawaban anggaran yang masuk harus diverifikasi oleh DPMP4 dan pendamping kabupaten, sehingga perlu waktu, karena laporan yang verifikasi dari 152 desa.

(Baca: Kemiskinan Bertambah, Dana Desa “Menganggur”)

(Baca: Dana Desa Mengendap, Yang Cair pun tak Jelas)

Verifikasi dimaksud sangat penting untuk mengetahui apakah penggunaan anggaran sesuai dengan program yang direncanakan atau tidak.

"Kenyataannya sampai hari ini, baru satu keuchik yang melaporkan pertanggungjawaban anggaran tahap I, yaitu Keuchik Kuta Jeumpa, Kecamatan Jeumpa. Itu pun, laporan baru masuk hari Jumat (24/11/2017)," kata Ruslan.

Setiap laporan yang masuk segera diverifikasi. Dan bila sudah sesuai, Kepala DPMP4 Abdya akan mengeluarkan rekomendasi penagihan pencairaan anggaran desa tahap II ke Badan Keuangan Kabupaten (BKK) Abdya.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved