SerambiIndonesia/

Bawaslu Sorot Aceh Selatan

Kabupaten Aceh Selatan termasuk salah satu dari empat kabupaten yang disorot Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Bawaslu Sorot Aceh Selatan

* Anggaran Pengawas Harus Tuntas Akhir Bulan Ini

JAKARTA - Kabupaten Aceh Selatan termasuk salah satu dari empat kabupaten yang disorot Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Pasalnya, anggaran pengawas Pilkada 2018 hingga sekarang belum mencapai kata sepakat.

Bawaslu sebagaimana dilansir Serambi dari Republika, Minggu (26/11), memberi tenggat waktu kepada keempat kabupaten itu hingga akhir November ini untuk menyelesaikan persoalan anggaran tersebut.

“Hingga akhir pekan ini, masih ada empat kabupaten yang belum menyelesaikan kesepakatan anggaran pengawasan Pilkada serentak 2018. Keempatnya yakni Kabupaten Rotendao (NTT), Kabupaten Nganjuk (Jawa Timur), Kabupaten Talaud (Sumatera Utara), dan Kabupaten Aceh Selatan (Aceh),” sebut Ketua Bawaslu, Abhan, Minggu (26/11).

Dia mengungkapkan, pengawas pilkada di beberapa kabupaten itu masih belum mencapai kesepakatan dengan pemerintah daerah (pemda) setempat terkait besaran anggaran yang dialokasikan. Selain itu, satu kabupaten di antaranya saat ini sedang melakukan negosiasi akhir dengan pengawas Pilkada setempat.

Menurut Abhan, pihaknya belum akan menetapkan sanksi terhadap empat kabupaten itu. Hanya saja, Bawaslu mengingatkan agar empat kabupaten segera menyelesaikan kesepakatan anggaran pengawasan. “Paling lambat akhir bulan ini,” tegasnya.

Persoalan anggaran pengawasan Pilkada 2018 di Aceh Selatan sebelumnya sudah pernah dipersoalkan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan, Drs Safli Alian.

Dalam komperensi pers, Senin 2 Oktober 2017, Safli mempersoalkan tidak masuknya dana untuk kegiatan Panwaslih dalam APBK Perubahan 2017. Padahal, terhitung dari bulan Oktober kemarin tahapan Pilkada 2018 sudah dimulai.

“Panwaslih tidak pernah dipanggil oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRK Aceh Selatan, dan anggaran Panwaslih juga tidak dimasukkan dalam pembahasan APBK-P,” ungkap Safli Alian.

Beberapa hari kemudian, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM, menginformasikan bahwa anggaran Panwaslih akan ditampung dalam APBK 2018.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help