SerambiIndonesia/

Sail Sabang 2017

Rangkaian Sail Sabang Dimulai Hari Ini

Pelaksanaan rangkaian acara Sail Sabang 2017 akan dimulai hari ini, Selasa (28/11) di sejumlah tempat di Kota Sabang

Rangkaian Sail Sabang Dimulai Hari Ini
SERAMBINEWS.COM/RA KARAMULLAH
Lokasi Acara Utama Sail Sabang di Pelabuhan CT3. 

SABANG – Pelaksanaan rangkaian acara Sail Sabang 2017 akan dimulai hari ini, Selasa (28/11) di sejumlah tempat di Kota Sabang. Di antaranya Urban Art Festival, Pameran Bahari, dan Kompetisi Menyelam Bebas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang, Ali Taufik kepada Serambi kemarin mengatakan, Urban Art Festival akan berlangsung 28-30 November di Lapangan Sabang Fair. Pameran bahari akan berlangsung di Museum Sabang, 28 November-5 Desember 2017, dengan memamerkan tentang kelautan hingga pelabuhan.

Sedangkan menyelam bebas dilaksanakan di kawasan Balohan. Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari luar negeri itu sudah dimulai sejak 26 November dan akan berakhir 1 Desember nanti.

Sebelumnya, sejumlah praeven juga sudah mewarnai Sail Sabang seperti fun bike, Weh Bike Championship, lomba blog, hingga kedatangan Islamic Cruise yang membawa wisatawan muslim.

Taufik mengatakan, semua rangkaian kegiatan Sail Sabang sudah disiap dan dapat dilaksanakan sesuai jadwal. Menurutnya, sebagian rangkaian kegiatan memang baru dimulai pada 1 Desember.

Sedangkan opening ceremony akan berlangsung Sabtu (2/12) di Dermaga CT-3 Sabang yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Jokowi dan sejumlah menteri terkait. Acara pembukaan akan diisi dengan tarian massal, terjun payung, aerobatic show, paramotor, hingga parade kapal.

Saat ini sejumlah yacht (kapal layar) dan kapal perang milik TNI-AL tampak sudah mulai berlabuh di Teluk Sabang. Sedangkan KRI Dewa Ruci informasinya saat ini sedang dalam perjalanan ke Sabang.

Terkait penginapan Taufik menjelaskan, untuk 1-3 Desember 2017 semua hotel maupun wisma yang ada di Sabang sudah penuh di-booking. Sebagian hotel sudah dipesan oleh rombongan kepresidenan. Sedangkan di luar tanggal tersebut masih ada beberapa homestay atau rumah warga yang disewakan.

Selain hotel, kapal pelayaran Banda Aceh-Sabang juga akan bertambah dua kapal, setelah pihak kementerian membantu satu kapal cepat Express Bahari 2C dari Jawa Tengah. Sedangkan kapal feri yang didatangkan adalah KMP Belanak dari Sibolga.

Dengan demikian, selama Sail Sabang terdapat tiga kapal feri yang beroperasi, yaitu KMP BRR, KMP Belanak, dan KMP Papuyu yang dialihkan dari Pulau Nasi. Sedangkan kapal cepat saat ini sudah terdapat empat unit, yaitu Express Bahari 2F, Express Bahari 8B, Express Bahari 2C, dan Express Cantika 89. Semua kapal akan terus berlayar setiap jam dari kedua arah, mulai dari pagi hingga sore. Bahkan khusus KMP BRR masih beroperasi hingga pukul 19.00 WIB. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help